Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawabannya

Kunci Jawaban Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013


Contoh Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya.

Dalam Pembahasan soal dan kunci jawaban kali ini bab tentang "Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara Asean",
di soal ini juga ada Latihan dan Kisi Kisi Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban.

Sebelum lanjut ke soal, baca juga Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Interaksi Negara Asean

Tak lupa juga Pembahasan soal ini mencakup beberapa soal, diantaranya soal hots ips kelas 8 semester 1,soal pts ips kelas 8 semester 1 quizizz, soal uas ips kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban pdf, soal uas ips kelas 8 semester 1 k13 revisi 2018, soal uts ips kelas 8 semester 1 beserta kunci jawaban, soal lks ips kelas 8 semester 1 beserta kunci jawaban, soal uas ips kelas 8 semester 1 k13 revisi 2018, soal dan kunci jawaban pas ips smp kelas 8 semester ganjil kurikulum 2013 dan juga soal uas ips kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017.

Berikut dibawah ini pembahasan soal Buku Paket dan kunci jawaban IPS Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013.

1. Tulis tentang upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN!

Jawaban : Pembangunan kerjasama di antara negara-negara ASEAN harus berfokus pada masyarakat (people centered approach) dalam multisector. Tiga pilar ASEAN sebagai upaya meningkatan kerjasama antar negara-negara ASEAN dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN tahun 2015 harus makin ditingkatkan. Dengan berperan dalam kerjasama ASEAN, Indonesia selayaknya dapat meningkatkan daya tawarnya. Peningkatan kerjasama tersebut memerlukan kekompakan konsisitensi, keterbukaan, rasa ke-kita-an (we feeling), saling menghormati, dan kesetiakawanan sosial serta dinamis dalam menjalani kerjasama.

2. Jelaskan perbedaan mendasar antara iklim musim, iklim panas, dan iklim laut!

Jawaban : Secara umum, keadaan iklim di indonesia di pengaruhi oleh tiga jenis iklim, yaitu iklim musim, iklim laut, dan iklim panas. Perbedaan mendasar antara iklim musim, iklim panas, dan iklim laut adalah sebagai berikut.
a. Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan.
b. Iklim laut, terjadi Karena indonesia memiliki wilayah laut yang luas sehingga banyak menimbulkan penguapan dan akhirnya mengakibatkan terjadinya hujan.
c. Iklim panas, terjadi karena indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan.


3. Mengapa hanya Malaysia yang disebut negara Serumpun? Mengapa negara-negara tetangga lainnya tidak disebutkan? 

Jawaban: Karena hampir memiliki benyak kesamaan dari Bahasa., ras dan budaya antara Malaysia dengan Indonesia satu contoh, kalua kita berpergian ke luar negri mungkin hanya Malaysia yang masih mudah beradaptasi dan tidak merasa menjadi orang asing. Singapura yang notabene paling dekat dengan kepulauan Indonesia sekarang ini populasi terbesar dari golonga  China migran. Dahulu masih 70% melayu tetapi sekarang secara regular mereka mendatangkan migran dari China daratan.  

4. Uraikan yang kalian ketahui tentang tempat wisata HaLong Bay di Vietnam yang terkenal diseluruh dunia!

Jawaban : Ha Long Bay dianggap sebagai pemandangan yang paling indah di seluruh Vietnam. Terdiri dari 1.969 pulau yang terletak di Teluk Tonkin. Zona ini terkenal karena pemandangan lautnya yang spektakuler. Ha Long Bay termasuk dalam Word Natural Heritage Site oleh UNESCO. Di samping juga taman nasional Phong Nha-Ke Bang.  

5. Jelaskan letak astronomis dan geografis kawasan Asia Tenggara!

Jawaban : Berdasarkan letak astronominya, Asia Tenggara terletak diantara 28°LU-11°LS dan 92°BT-141°BT. Secara geografis, wilayah Asia Tenggara sebelah Utara adalah daratan Tiongkok, sebelah timur Samudra Pasifik dan Indonesia, sebelah selatan Indonesia dan Samudra Hindia, dan sebelah barat adalah India dan Samudra Hindia.

6. Terangkan yang kalian ketahui tentang pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang terhadap keberlangsungan kehidupan sosial di negara-negara ASEAN!

Jawaban : Kondisi dan status sosial masyarakat Asia Tenggara yang berbeda dan hidup berdampingan terkadang memunculkan pertentangan karena perbedaan kepentingan. Misalnya pada tahun 2015 dimana ribuan pengungi warga Myanmar yang di kenal sebagai manusia perahu yang membanjiri Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Migrasi tersebut sangat berpengaruh terhadap dinamika jumlah kependudukan suatu negara baik negara tujuan pengungsian maupun bagi yang mengungsi.

7. Jabarkan yang kalian ketahui tentang Perkemahan Budaya Serumpun ASEAN!

Jawaban : Perkemahan budaya Serumpun beberapa kali berlangsung di Indonesai, diantaranya di kota Sambas pada tahun 2010, di kota Makasar pada tahun 2012, dan di kabupaten Siak pada tahun 2017. Kegitan tersebut turut mendukung kelestarian dan peningkatan silaturahmi Indonesia-Malaysia –Brunei Darussalam sebagai negara pemrakarsa. Perkemahan tersebut di arahkan pada pembinaa mental dan spiritual, wawasan kebangsaan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan, dan olah raga, serta kepedulian terhadap masyarakat selain itu, juga bertujuan dalam menanamkan dan meningkatkan peningkatan pemahaman penghayatan nilai-nilai budaya luhur kepada generasi muda Indonesia-Malaysia-Brunei Darussalam, memperkuat komitmen terhadap suksesnya pendidikan, mendukung program kepariwisataan, Khususnya dengan memperkenalkan budaya daerah sebagai daerah tujuan wisata terpilih dan spesifik. 

8. Uraikan yang kalian ketahui tentang pilar politik-keamanan ASEAN!

Jawaban : Masyarakat ASEAN dapat lebih mengenali karagaman negara anggota, saling menghargai identitas nasional masing-masing, serta mewarisi kawasan Asia Tenggara yang aman, damai dan makmur kepada generasi penerus. Oleh sebab itu, ASEAN terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan kemampuan pemerintah dan pelibatan masyarakat madani (civit society) dalam pengambilan keputusan. Indonesia secara historis adalah pendiri ASEAN yang secara tidak langsung memiliki pengaruh kuat. Selain itu, militer ndonesia masih diyakini yang terkuat di kawasan ASEAN.


9. Uraikan mengenai penyebab Indonesia beriklim tropis!

Jawaban : Indonesia memiliki iklim tropis karena dihimpit oleh dua benua yaitu, Australia dan juga Asia dan juga Australi. Selain itu, indonesia juga dihimpit oleh dua samudra besar yaitu Pasifik dan juga Hindia. Hal ini menyebabkan indonesia mengalami dua musim saja yaitu panas dan juga hujan yang mana angina laut dan angina Benua turut serta membawa iklim. Selain itu indonesia juga dilewati garis khatulistiwa yang ada di deretan Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Indonesia bagian Timur. Letak astronomis indonesia adalah di 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.


10. Sebutkan tentang masalah perbatasan wilayah di beberapa negara ASEAN!

Jawaban : Berbagai masalah perbatasan wilayah di beberapa negara ASEAN, di antaranya sebagai berikut.
a. Kasus Pulau Natuna melalui gambar Sembilan titik yang di tarik dari kepulauan Spratly di tengah Laut Tiongkok Selatan oleh pemerintah Tiongkok . Pemerintah Indonesia pun mengerahkan lebih dari 20 ribu personil TNI untuk menjaga perairan Natuna yang di perkirakan mengandung cadangan gas terbesar di Asia.
b. Kasus Kepulauan Spratly yang menjadi silang sengketa antara Vietnam, Filipina, dan Tiongkok.
c. Kasus Sipadan dan Ligitan yang diklaim oleh Malaysia
d. Kasus Kuil Preah Vihear antara Thailand dan Kamboja
e. Kasus Pulau Pedra Branca yang kepemilikannya jatuh kepada Singapura

11. Negara yang memiliki wilayah paling kecil di Asia Tenggara adalah….

Jawaban : Singapura

12. Jelaskan hubungan antara perkembangan sarana transportasi dengan sarana dan prasarana penunjangnya!

Jawaban : Perkembangan sarana transportasi tentu saja membutuhkan ruang sebagi sarana atau pun prasarananya. Makin banyak alat transportasi di darat, laut, ataupun udara akan berbanding lurus dengan sarana dan prasarana penunjangnya seperti perluasan jalan, terminal, bandara dan dermaga pelabuhan juga makin mendesak pembangunannya. Dengan adanya pembangunan prasarana transportasi tersebut secara tidak langsung dapat mengubah kondisi wilayah di suatu negar. Rekayasa jaringan lalu-lintas transportasi darat di beberapa negara ASEAN sudah sangat canggih. Misalnya pengembangan jaringan transportasi darat bawah tanah yang dilakukan Singapura dan Thailand.

13. Terangkan tentang pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan industri!

Jawaban : Berubahnya lahan pertanian menjadi lahan industry acap kali terjadi di negara-negara berkembang. Oleh sebab itu, penggunaan lahan dalam pembangunan industry memerlukan perhatian negara-negara industry, karena tidak semua industry yang akan atau sudah di bangun berada di lahan yang tepat dan tidak menempati lahan produktif seperti lahan pertanian. Pada umumnya para pemilik perusahaan mendirikan industry karena beberapa faktor sebagai berikut.
a. Faktor sosial dan budaya hukum waris.
b. Harga lahan pertanian relative lebih murah
c. Industri di bangun dekat dengan bahan baku, sehingga lahan pertanian menjadi pilihan yang baik
d. Pembangunan industri lebih memilih lahan yang strategi.
e. Pembangunan industri memiliki akse yang lebih mudah.   

14. Guna mengetahui petumbuhan penduduk dapat di lakukan dengan cara….

Jawaban : Sensus penduduk

15. Besi, tembaga, dan nikel merupakan hasil tambang dari sumber daya….

Jawaban : Tidak dapat diperbaharui

16. Kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan adalah….

Jawaban : Petani

17. Tempat penghasil batu bara di Indonesia adalah….

Jawaban : Martapura


18. Uraikan yang kalian ketahui definisi interaksi!

Jawaban: Interaksi diterjemahkan sebagai suatu peristiwa saling mempengaruhi daya, objek, atau tempat satu dengan yang lain. Setiap tempat mengembangkan potensi sumber dan kebutuhan yang tidak selalu sama dengan yang ada di tempat lain. Keterkaitan keruangan atau asosiasi keruangan menunjukkan derajat keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena yang lain di satu tempat atau ruangan. Keterkaitan tersebut menyangkut fenomena alam, tumbuhan, atau kehidupan sosial. Oleh karena itu, selalu terjadi intraksi bahkan interdependensi antara tempat yang satu dengan tempat atau wilayah yang lain. Konsep interaksi dan interdependensi, yaitu ketergantungan tempat dengan tempat yang lain. Hal tersebut juga berlaku di di indonesia dan negara-negara di ASEAN yang erat kaitannya dengan perubahan keruang dan interaksi antarruang yang disebut kondisi alam dan kegiatan manusia.

19. Sebutkan dampak negatif pengaruh konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman!

Jawaban : Dampak negatif pengaruh konverensi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman adalah sebagai beriku. Petani dan buruh tani kehilangan mata pencaharian luas lahan pertanian makin berkurang sehingga produktivitas pangan makin kecil. Hilangnya lahan ruang terbuka hijau (RTH) dan berkurangnya lahan resapan air.

20. Komunitas keamanan ASEAN di Bali di tandatangani pada tanggal….

Jawaban : 7 Oktober 2003

21. Negara terakhir yang bergabung dengan ASEAN, yaitu….

Jawaban : Timor Leste

22. Hanoi merupakan ibu kota dari Negara….

Jawaban : Vietnam

23. Berdasrkan letak astronomisnya, Negara Laos terletak diantara….

Jawaban : 14°LU - 22° LU dan antar 100°BT - 103°BT

24. Ikan pesut Mahakam merupakan fauna asli Indonesia yang berada di wilayah….

Jawaban : Kalimantan


25. Jabarkan tentang bentuk perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di Negara-negara ASEAN!

Jawaban : Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di Negara-negara ASEAN sebagai dampak perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dapat dilihat dalam berbagai aspek sebagai berikut.

26. Bagaimana pendapat kalian mengenai aneka ragam suku bangsa serta jumlah penduduk yang besar di negara kita? Apa keuntungan dan kerugian dari kondisi tersebut?

Jawaban : Keuntungan memiliki beragam suku yaitu indonesia kaya akan beragam budaya dan seni, bangsa yang kuat jika semua suku bersatu, mudah menarik wisatawan karena beragam wisata budaya yang dapat ditawarkan. Kerugiannya : Karena letaknya terpisah-pisah akan sulit melakukan pemerataan pembangunaan karena tingkat kemajuan budaya juga tidak sama, mudah diadu domba

27. Mengapa kawasan Asia Tenggara sering dilanda gempa bumi dan gunung meletus? Jelaskan pendapat kalian dan berikan contoh negara yang pernah di landa peristiwa tersebut!

Jawaban : Kawasan Asia tenggara merupakan pertemuan jalur pegunungan muda Sirkum pasifik dan Sirkum Mediterania. Misalnya Gunung Merapi yang meletus di Yogyakarta, gempa bumi di Jepang.

28. Jelaskan letak geografis kawasan Asia Tenggara!

Jawaban : Berdasarkan letak geografis. Asia Tenggara berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia, serta terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas-batas kawasan Asia Tenggara di antaranya sebagai berikut. Utara: Negara Tiongkok , selatan: Negara Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia, Barat Negara India, Banglades dan Samudra Hindia, Timur: Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua samudra. Kawasan tersebut menghubungkan negara-negara barat dan timur, sehingga kawasan tersebut sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

29. Terangkan tentang persebaran fauna di Timor Leste!

Jawaban : Di Timor Leste, terdapat beberapa jenis mamalia seperti Rusa(cervus timorensis), kuskus, babi hutan, kera, Reptilia seperti: buaya, ular sanca timor, biawak, dsb: Aves seperti: Kakoak, Lori, Kakatua, Elang darat, Elang laut, Perkutut dan sebagainya.

30. Jelaskan kegiatan ekonomi penduduk Thailand!

Jawaban : Mata pencaharian penduduk Thailand yang utama di bidang pertanian. Hasil pertanian yang utama yaitu padi dan jagung. Thailand merupakan penghasil karet alam, kayu jati, kayu leak, dan kapuk. Hasil pertambangannya berupa Timah putih, emas, wolfram, mangan, dan timah hitam. Mata uang Thailand adalah bath.

31. Mengapa wilayah Indonesia cocok untuk kegiatan pertanian?

Jawaban : Karena wilayah indonesia mengalami tiga musim iklim yang berdampak pada tingginya curah hujan di indonesia.

32. Mengapa Singapura dijuluki sebagai pusat keuangan terdapat di keempat di dunia?

Jawaban : Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia karena Singapura sebagai tempat tukar menukar valuta asing dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional.  

33. Berikanlah gambaran tentang keadaan iklim di Negara Filipina!

Jawaban : Filipina memiliki iklim tropis, dengan suhu antara 24° - 30°C. derah yang memiliki suhu berbeda adalah Bagulo(1.525m) di sebelah barat pulau Luzon, yaitu rata-rata hanya 18°C pertahun. Wilayah Manila di tepi pantai bersuhu rata-rata 26°C. April dan mei merupakan bulanterpanas, sedangkan bulan November – februari adalah saat-saat sejuk. Curah hujan di Filipina cukup tinggi, yaitu antara 1,275 – 5,000 mm pertahun. Wilayah Filipina (seperti Tiongkok dan Vietnam) secara rurtin mendapat pengaruh badai ganas disertai hujan deras dari samudra pasifik. Di perkirakan rata-rata ada 20 badai pertahun yang terjadi. Bencana rutin itu menimbulkan banjir, longsor, dan berbagai kerusakan serta menelan korban jiwa.

34. Uraikan tentang karakteristik tanah regosol!

Jawaban : Tanah hasil pelapukan bantuan beku dan sedimen yang tidak berstruktur. Tanah regosol kurang baik untuk pertanian karena sedikit mengandung bahan organic.

35. Apa sajakah jenis persebaran tanah di kawasan Asia Tenggara?

Jawaban : Beberapa, Contoh jenis tanah yang terdapat di wilayah Asia Tenggara antara lain tanah vulkanis, andosol, tanah aluvia, regosol, dan lateril.

36. Siapakah suku bangsa Sunda itu?

Jawaban : Suku bangsa sunda merupakan sekumpulan orang yang berasal dari daerah jawa Barat yang sering disebut dengan parahiangan atau tanah pasundan. Daerah tanah pasundan secara kultur berbatasan dengan sungai Cilosa dan sungai Cidaduy pada wilayah timur yang merupakan perbatasan Bahasa.

37. Uraikan lima negara yang berada di kawasan Asia Tenggara beserta ibu kotanya!

Jawaban : Brunei Darussalam dengan ibu kota Bandar seri Begawan; Indonesia dengan ibu kota Jakarta; Filipina dengan ibu kota Manila; Kamboja dengan ibu kota Phnom Penh;  Thailand dengan ibu kota Bngkok.

38. Bagaimana bentang alam Negara Timor Leste?

Jawaban : Letak Timor Leste berada disebelah timur wilayah bagian Pulau Timur, sehingga Timor Leste berada di tengah-tengah bagian selatan wilayah Indonesia. Wilayah negara ini sebagian besar berupa pegunungan. Puncak pegunungan tertinggi adalah Gunung Tata Mailau (2.950m). Tanah di Timur Leste umumnya kurang subur dan sifatnya kering.

39. Jelaskan kondisi iklim di Negara Malaysia!

Jawaban : Malaysia di pengaruhi iklim laut khatulistiwa yang ditandai dengan sering terjdinya hujan lebat, suhu rata-rata tinggi, dan pembalikan arah angina sesuai dengan usim, suhu rata-rata di Malaysia berkisar 27C dengan perubahan kurang dari 2C. Musim hujan di Malaysia berlangsung sekitar Oktober-Maret, ketika angin monsun timur laut yang mengandung uap air melintasi negara ini. Namun, ketika angin monsun barat daya (April – September) berembus, curah hujan menjadi berkurang karena terhalang oleh Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

40. Bagaimanakah karakteristik tanah mineral?

Jawaban : Sumber daya tanah memiliki prosentese unsur hara lebih banyak jika dibandingkan dengan bahan organiknya.

Posting Komentar untuk "Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 1 Beserta Jawabannya"