Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logam merupakan bahan untuk membuat patung dengan teknik?


SOAL:

Logam merupakan bahan untuk membuat patung dengan teknik?


a. Merakit

b. Memahat

c. Membutsir

d. Mencetak

e. Semua jawaban benar


JAWABAN:

D. Mencetak



PEMBAHASAN Tehnik Membuat Patung dengan Logam :

Logam merupakan bahan untuk membuat patung dengan teknik

3 Tehnik Membuat Patung dengan Logam Hasil Maksimal

Tehnik membuat patung dengan logam merupakan salah satu karya seni yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Sebab, nilai yang diciptakan mampu menonjolkan sisi seni dan kecantikan serta nilai estetika pada setiap lekukan yang ada.

Keterampilan ini sendiri tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Selain bakat, beberapa orang juga perlu pembelajaran khusus. Meskipun terlihat sederhana, namun proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah patung yang bagus cukup lama dan sedikit rumit.

Bagi, Anda yang ingin memperdalam ilmu terkait tehnik membuat patung dengan logam. Pastikan untuk memahami jenis tehnik apa saja yang umum dipakai. Serta bagaimana proses pembuatannya untuk menghasilkan karya seni yang indah.

Tehnik membuat patung dengan Logam yang Wajib Anda Ketahui!

Setiap karya seni selalu memiliki berbagai macam cara pembentukan berbeda. Terutama masing-masing jenis pastinya mendapat perlakuan yang tidak sama. Beberapa cara pembuatan patung logam dapat Anda lihat berikut ini :

1. Tempa

Tehnik membuat patung dengan logam yang pertama adalah tempa. Merupakan karya seni rupa 3 dimensi, jenis ini banyak digunakan untuk membuat benda dengan bahan dasar logam. Jenis logamnya sendiri berbagai macam seperti baja, kuningan, hingga besi.

Pada proses tempa, cara pembuatannya dilakukan dengan memanaskan logam pada perapian yang dibuat khusus. Kemudian, baru ditempa atau dibentuk sesuai dengan request. Tempa sering dipilih untuk menghasilkan senjata tradisional seperti keris.

2. Patri

Patri merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyambungkan bahan logam di bawah pengaruh panas. Dimana, pertolongan ini dilakukan dengan campuran logam. Bahan yang dipilih pun berasal dari jenis yang mudah melebur dari titik lebur bahan utama.

3. Cor (Bivalve dan a cire perdue)

Pembuatan patung jaman sekarang dapat dilakukan dengan mudah melalui metode tuang berulang (bivalve) maupun tuang sekali (a cire perdue). Namun, pada logam jenis pembuatan yang banyak digunakan adalah a cire perdue.

Selain mudah dilakukan, cara ini terkesan lebih efektif dan simpel. Anda bisa menggunakan bahan dasar tembaga dan besi untuk melakukan pembentukan. Sehingga, tehnik membuat patung dengan logam ini banyak dipilih.


Posting Komentar untuk "Logam merupakan bahan untuk membuat patung dengan teknik?"