Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memiliki syarat?


SOAL:

Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memiliki syarat?

a. hubungan dan akibat

b. proses dan tindakan

c. kontak dan komunikasi

d. aksi dan reaksi

e. kerjasama dan musyawarah


JAWABAN:

C. kontak dan komunikasi



PEMBAHASAN:

Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memiliki syarat?

Syarat Terjadi Proses Interaksi Sosial? Berikut Penjelasannya

Ada beberapa syarat terjadi proses interaksi sosial. Tentu seseorang perlu memenuhi syarat ini jika ingin melakukan interaksi sosial. Syaratnya sendiri sebenarnya cukup mudah.

Seseorang hanya perlu mencari orang lain atau kelompok untuk melakukan komunikasi atau kontak sosial. Intinya interaksi sosial tidak bisa dilakukan apabila seseorang sendiri. melakukan interaksi sosial sendiri tidak harus selalu bertemu.

Prosesnya bisa dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi. Kondisi ini jelas mempermudah untuk memenuhi syarat terjadi proses interaksi sosial.

Jadi Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memiliki syarat kontak dan komunikasi, itulah syarat utama terjadinya proses interaksi.

Setelah Syarat Terjadi Proses Interaksi Sosial Terpenuhi, Lakukan Interaksi Secara Intens

Memenuhi syarat tersebut memang cukup mudah. Namun ketika syaratnya sudah terpenuhi, langsung lakukan interaksi secara intens. Itu karena membangun interaksi sendiri memberikan banyak manfaat.

Jangan sampai komunikasi dilakukan secara tidak intens ketika syarat terjadi proses interaksi sosial sudah terpenuhi. Untuk informasi lebih lengkap, berikut beberapa keuntungan dari interaksi sosial.

1. Membangun Relasi

Interaksi sosial tidak harus dilakukan pada orang yang sebelumnya sudah dikenal. Interaksi ini juga bisa dilakukan pada orang atau kelompok baru yang sebelumnya tidak diketahui. Hal ini tentu membuat relasi anda menjadi lebih luas dan bisa berguna di masa depan.

2. Membangun Kepercayaan

Tidak hanya pada orang yang belum dikenal, interaksi sosial juga memberi efek positif terhadap orang yang sudah dikenal. Anda pasti mengenal beberapa orang namun kepercayaan belum muncul kepada mereka. Dengan interaksi, kepercayaan pasti timbul.

3. Membantu Menyelesaikan Masalah

Ketika interaksi sosial dilakukan, anda mungkin saja mendapat informasi bahwa orang lain sedang mendapatkan masalah. Dengan ini bantuan untuk menyelesaikan masalah bisa diberikan. Selain itu anda juga bisa saja mendapat bantuan untuk masalah yang dihadapi.

4. Aksi Solidaritas

Sekarang masyarakat memiliki masalah dalam solidaritas. Nampak jelas kalau masyarakat yang sekarang ada sama sekali tidak solid. Dengan menjalin interaksi sosial, solidaritas tersebut bisa tumbuh sehingga berbagai aksi bisa dilakukan.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, anda pasti diuntungkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk berupaya agar interaksi terjadi secara intens.

Tetapi ingat, interaksi sosial bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan. Dalam pemahaman dasar, ada syarat terjadi proses interaksi sosial yang perlu dipenuhi.

Posting Komentar untuk "Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memiliki syarat?"