Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebuah paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat?

SOAL:

Sebuah paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat?

a. pokok

b. tanya

c. penjelas

d. ide pokok

e. Ide Liar


Jawaban: 

C. penjelas

Jadi Jawaban yang Benar mengenai Paragraf Terdiri Atas Kalimat Utama dan Kalimat adalah penjelas


Pembahasan:

Paragraf Terdiri Atas Kalimat Utama dan Kalimat

Paragraf Terdiri Atas Kalimat Utama dan Kalimat

Paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat penjelasnya sendiri bisa berjumlah lebih dari satu selamat tidak melenceng dari kalimat utama. Hal ini yang harus Anda pahami sebelum menulis.

Kalimat utama menyatakan inti dalam sebuah paragraf dan bersifat umum. Kalimat ini menjadi bagian penting dalam suatu tulisan. Tanpa adanya kalimat utama, pembaca tidak akan memahami apa maksud dari paragraf tersebut.

Nantinya, kalimat utama tersebut akan dijelaskan lagi oleh kalimat penjelas. Dengan demikian, pembaca akan benar-benar memahami tulisan yang Anda buat.

Oleh sebab itu, paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat menjadi hal mutlak. Selain itu, paragraf juga harus memiliki gagasan utama. Gagasan utama merupakan ide pokok yang menjiwai isi paragraf.

Banyak orang yang tertukar antara kalimat utama dan gagasan utama. Sederhananya, kalimat utama merupakan kalimat yang menjabarkan gagasan utama tersebut. Jadi, gagasan utama akan tersirat pada kalimat utama.

Gagasan utama dan kalimat utama dapat terletak di awal atau di akhir. Perbedaan letaknya ini akan menentukan jenis paragraf tersebut. Untuk mengetahui apa saja jenis paragraf tersebut, simak berikut.

Paragraf Terdiri Atas Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas, Ini Jenis-Jenisnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa paragraf terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenisnya ini dibedakan berdasarkan letak kalimat dan gagasan utamanya. Berikut ini adalah jenis-jenis dari paragraf:

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah jenis yang memiliki kalimat dan gagasan utama di awal. Jadi, gagasan di dalamnya berkembang dari umum ke khusus. Pada jenis ini, gagasan utamanya bersifat umum.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah jenis yang memiliki kalimat dan gagasan utamanya di akhir. Kalimat penjelas yang ada di awal biasanya bersifat khusus dan mendukung gagasan utama di akhir paragraf.

3. Paragraf Campuran

Paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Jadi, pada jenis campuran ini kalimat utamanya berada di awal dan di akhir paragraf. 

Komposisinya adalah kalimat umum dijelaskan dengan kalimat khusus. Lalu, pada akhir kalimat akan ditutup dengan kalimat umum lagi.

4. Paragraf Ineratif 

Sedangkan pada jenis paragraf ineratif, kalimat atau gagasan utamanya berada di tengah paragraf. Kalimat penjelas di awal berfungsi sebagai pembuka, kemudian di tengah ada gagasan utama, dan ditutup dengan kesimpulan.

Paragraf tersusun atas beberapa kalimat yang menjadi satu kesatuan. Paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas yang posisi dan porsinya harus diperhatikan.


Posting Komentar untuk "Sebuah paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat?"