Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri khusus yang dimiliki hewan berhubungan erat dengan?


SOAL:

Ciri khusus yang dimiliki hewan berhubungan erat dengan?

a. cara mencari makan

b. tempat hidupnya

c. cara mencari mangsa

d. habitat dan cara memenuhi kebutuhannya

e. bertahan hidup


JAWABAN:

D. habitat dan cara memenuhi kebutuhannya


PEMBAHASAN Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan

Ciri khusus yang dimiliki hewan berhubungan erat dengan?

Ciri Khusus yang Dimiliki Hewan Berdasarkan Lingkungannya

Ciri khusus yang dimiliki hewan masing-masing pasti berbeda. Sebab, setiap binatang selalu memiliki kelebihan dengan ciri khasnya sendiri. Namun terdapat beberapa binatang yang menonjolkan perbedaan dibanding jenis lainnya.

Nilai unik pada binatang biasanya selalu berkaitan dengan lingkungan atau habitat. Sebab, keberlangsungan hidupnya tergantung pada kondisi alam dan juga keadaan sekitar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengerti ciri khusus yang dimiliki hewan.

4 Binatang Spesial dan Ciri Khusus yang Dimiliki

Beberapa nilai unik binatang yang berkaitan erat dengan lingkungan hidupnya, dapat Anda pelajari dalam pembahasan berikut ini :

1. Burung Hantu

Ciri khusus yang dimiliki hewan burung hantu yaitu ketajaman mata dan pendengaran saat malam hari. Kelebihan tersebut merupakan nilai unik yang dimiliki burung hantu untuk memudahkannya mencari makan.

Terkadang, jenis burung ini tinggal pada pepohonan tinggi yang memiliki lubang. Bersarang di dalam kegelapan, biasanya mata dari burung hantu berwarna merah. Aktif di malam hari, membuatnya hibernasi pada waktu siang.

2. Kelelawar

Kemampuan dalam menangkap getaran gema atau ekolokasi merupakan ciri khusus yang dimiliki hewan kelelawar. Meskipun sama dengan burung hantu, kelelawar melakukan aktivitas di malam hari menggunakan sonar untuk menangkap mangsa.

Kelelawar merupakan jenis binatang yang mampu mengeluarkan suara dengan frekuensi ultrasonik dari mulut dan juga hidung. Jika gelombang yang dikeluarkan sampai pada sebuah objek, maka akan terpantul dalam bentuk gema ke telinga kelelawar.

Dengan begitu, indra pendengaran kelelawar akan menangkap sinyal untuk mendekati mangsanya. Selain itu, gema yang ditangkapnya dapat memberikan gambaran terkait bentuk dan ukuran objek. Oleh karena itu, meskipun malam hari kelelawar tidak akan bertabrakan.

3. Cicak atau Tokek

Identik dengan pelekat yang ada di kaki membuat cicak atau toket mudah berjalan di antara tembok. Daya lekat yang dimiliki pun sangat kuat, sehingga meskipun menempel dalam waktu yang lama cicak atau tokek tidak akan terjatuh ke lantai.

Selain itu, cicak atau tokek juga memilih lidah yang lengket. Nilai unik ini digunakannya untuk menangkap mangsa lebih mudah. Ciri khusus yang dimiliki hewan cicak atau tokek ini tidak dipunyai binatang lain yang sama-sama hidup pada daerah kering.


Posting Komentar untuk "Ciri khusus yang dimiliki hewan berhubungan erat dengan?"