Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara ASEAN yang berbentuk kepulauan adalah


SOAL:

Negara ASEAN yang berbentuk kepulauan adalah?

a. Laos

b. Kamboja

c. Vietnam

d. Filipina

e. Indonesia


JAWABAN: 

D. Filipina


Jadi Jawaban Yang Benar Negara ASEAN yang berbentuk kepulauan adalah Filipina


PEMBAHASAN:

Negara ASEAN yang berbentuk kepulauan adalah

Negara Asean Selain Indonesia yang Berbentuk Kepulauan

Terdapat empat negara Asean selain Indonesia yang berbentuk kepulauan. Hal ini dapat dilihat dari pembagian wilayah di Asean. Maka, dapat dilihat ada lima negara termasuk Indonesia yang terdiri dari beberapa pula.

Negara kepulauan sendiri adalah suatu negara yang wilayahnya terdiri atas satu atau lebih gugus kepulauan besar dan mencankup pulau-pulau lain. Istilah ini muncul dari Konvensi PBB mengenai hukum laut.

Negara kepulauan memiliki ciri khas yang sangat unik. Misalnya saja kawasan lautnya yang luas, dikelilingi oleh perairan dan laut, dan tentu kekayaan lautnya luar biasa melimpah.

Di negara Asean selain Indonesia yang berbentuk kepulauan memiliki ciri khas tersebut. Menurut sejarah, awalnya negara Asean adalah satu kesatuan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kesamaan flora dan fauna.

Selain itu beberapa sungai di Asia Tenggara juga ada beberapa sungai yang bermuara di laut Cina Selatan. Mulai terbentuknya kepulauan diperkiraan saat zaman Paleolithikum.

Pada saat itu es mencair dan menggenang di Wilayah Asia Tenggara. Hal ini yang memunculkan wilayah kepulauan dan daratan. 

Apa Saja Negara Asean Selain Indonesia yang Berbentuk Kepulauan?

Selain Indonesia, ternyata masih ada empat negara lainnya yang berbentuk kepulauan. Di antaranya adalah Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Masing-masing negara tersebut memiliki jumlah pulau yang berbeda. Untuk mengetahuinya simak penjelasan di bawah ini:

1. Filipina

Filipina merupakan negara yang ibu kotanya terletak di Manila. Negara ini memiliki 3 pulau besar yang terdiri dari Pulau Luzon, Visayas, dan Mindanao. Total pulau yang dimiliki oleh Filipina adalah 7.641.

2. Singapura

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini juga memiliki bentuk kepulauan. Meski negaranya tergolong kecil, tapi jumlah pulau di Singapura mencapai 63 pulau.

3. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara Asean selain Indonesia yang berbentuk kepulauan yang memiliki kekayaan melimpah. Negara ini berada di Pulau Borneo dan berbatasan langsung dengan Indonesia. 

Di sekitar negara tersebut terdapat beberapa pulau kecil, di antaranyaa adalah pulau Brambang, Pelumpang Spit, Ranggu, dan Lumut Lunting.

4. Malaysia

Terakhir adalah negara tetangga yang juga berbatasan langsung dengan Indonesia yaitu Malaysia. Di negara ini terdapat beberapa pulau besar dan banyak pulau kecil. Total pulaunya lebih dari 20.000.

Asia Tenggara memang kaya akan sumber daya lautnya, sebab sebagaian negaranya adalah kepulauan. Setidaknya ada empat negara Asean selain Indonesia yang berbentuk kepulauan.


Posting Komentar untuk "Negara ASEAN yang berbentuk kepulauan adalah"