Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangsa Indonesia bangga mempunyai ideologi berupa Pancasila dengan alasan?


SOAL:

Bangsa Indonesia bangga mempunyai ideologi berupa Pancasila dengan alasan?

a. Mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk

b. Setiap rencana perebutan kekuasaan dapat di gagalkan

c. Dapat menyelesaikan segala masalah di tanah air

d. Karena dirumuskan oleh banyak pemimpin bangsa Indonesia

e. Semua jawaban benar


JAWABAN:

A. Mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk


PEMBAHASAN:

Bangsa Indonesia bangga mempunyai ideologi berupa Pancasila dengan alasan?

Bangsa Indonesia Bangga Memiliki Ideologi Pancasila

Bangsa Indonesia bangga memiliki Ideologi Pancasila, sebab dalam ideologi ini terdapat berbagai kelebihan bagi bangsa Indonesia. Kelebihan ini sangat cocok diterapkan secara menyeluruh untuk masyarakat di Indonesia.

Yang dimaksud dengan ideologi pancasila adalah norma dasar yang dijadikan sebagai payung berbangsa dan bernegara. Payung ini menaungi warga negara, termasuk di dalamnya adalah adat, budaya, suku, agama, dan lainnya.

Pancasila sendiri termasuk ke dalam ideologi terbuka. Artinya adalah ideologi ini mengandung nilai-nilai dasar yang akan relevan sepanjang zaman. Hal ini membuat Indonesia tidak perlu lagi bergonta-ganti ideologi setiap waktu.

Hal ini tentu membuat Bangsa Indonesia bangga memiliki Ideologi Pancasila. Meski demikian, Ideologi ini memiliki berbagai tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari tantangan internal hingga eksternal.

Tantangan internal ini di antaranya adalah pergantian rezim kepemimpinan dan penyalahgunaan kekuasaan oleh penguasa. Sedangkan faktor eksternalnya adalah pertarungan ideologi di masyarakat, adanya budaya asing, dan pertumbuhan penduduk.

Bangsa Indonesia Bangga Memiliki Ideologi Pancasila, Ini Kelebihannya

Ideologi Pancasila hingga saat ini masih bertahan dan tertanam di masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kelebihan yang dimiliki ideologi ini tidak sama dari ideologi lainnya. Kelebihan Ideologi Pancasila tersebut di antaranya adalah:

1. Dalam ideologi pancasila, rakyat lebih dipentingkan dibandingkan dengan pemerintah. Meski demikian, kelebihan satu ini masih belum terlaksana sepenuhnya.

2. Rakyat memiliki kebebasan bermusyawarah dan mengemukakan pendapat. Sebab, sistem pemerintahan menggunakan ideologi ini tidak otoriter terhadap kehidupan bermasyarakat. 

3. Hal yang membuat Bangsa Indonesia bangga memiliki Ideologi Pancasila adalah sistem ekonominya mengutamakan hajat hidup orang banyak. Sehingga, tidak mengorbankan rakyatnya.

4. Dalam ideologi ini juga mengakui hak pribadi dan hak umum. Sehingga, masyarakat memiliki ruang gerak yang lebih leluasa. Terutama dalam melakukan bisnis.

5. Demokrasi yang dijujung tinggi pada ideologi pancasila adalah asas kekeluargaan. Sehingga, di dalamnya harus sesuai norma dan terjadi proses musyawarah mufakat.

6. Dalam rangka kepentingan sosial, Pancasila memberikan kebebasan kepada individu secara bertanggung jawab. Artinya, meski bebas tapi harus sesuai aturan. Jika tidak, maka harus menanggung risikonya.

7. Yang paling penting adalah Ideologi Pancasila dilandasi oleh nilai ketuhanan.

Selain itu, tentunya masih banyak kelebihan yang dimiliki Ideologi Pancasila. Kelebihan tersebut yang membuat Bangsa Indonesia bangga memiliki Ideologi Pancasila.


Posting Komentar untuk "Bangsa Indonesia bangga mempunyai ideologi berupa Pancasila dengan alasan?"