Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa?

SOAL:

Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa?

a. Keanekaragaman budaya, namun tetap satu kesatuan

b. Sekalipun berbeda-beda, namun tetap satu juga

c. Sekalipun berbeda bahasa, namun tetap satu suku juga

d. Sekalipun wilayahnya berpencar, namun tetap satu juga

e. Sekalipun berbeda adat istiadat namun tetap satu juga


JAWABAN:

B. Sekalipun berbeda-beda, namun tetap satu juga


PEMBAHASAN:

Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa?

Penerapan Makna Bhinneka Tunggal Ika dalam Kehidupan Sehari-hari

Makna Bhinneka Tunggal Ika bagi Indonesia sangat mendalam. Diambil dari kutipan Mpu Tantular dalam kitab Sutasoma, membuat semboyan negara Indonesia ini memiliki nilai tersendiri. Terlebih potongan kalimatnya merupakan gambaran penduduk.

Bhinneka jika diartikan memiliki makna keragaman atau berbeda-beda. Sedangkan tunggal berarti satu, dan ika adalah itu. Jika digabungkan berdasarkan pembahasan harfiah maknanya akan menjadi berbeda-beda tetapi tetap satu.

Semboyan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, makna Bhinneka Tunggal Ika merupakan landasan dari persatuan atau keragaman budaya, suku, ras, agama, dan Bahasa.

Makna Bhinneka Tunggal Ika dalam Penerapan Kehidupan Sehari-hari

Pada kehidupan bersosialisasi, menjalin hubungan erat antar tetangga merupakan kunci keharmonisan. Nyatanya, hal tersebut sudah tertanam dari masa penjajahan. Perbedaan tidak menghalangi persaudaraan, seperti contoh penerapan berikut ini :

1. Melakukan Musyawarah dalam Setiap Pengambilan Keputusan

Makna Bhinneka Tunggal Ika yang sangat penting diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah musyawarah. Dimana, pada masa penjajahan masa dulu setiap keputusan diambil berdasarkan keputusan bersama.

Hal tersebut tentu tidak memandang pendapat dari sebelah sisi. Semuanya sama, dan berhak menyampaikan pendapat untuk kepentingan bersama. Dalam hal ini musyawarah dilakukan untuk menumbuhkan rasa saling menghormati dan membantu.

2. Menanamkan Rasa Saling Menghormati

Pada kehidupan bermasyarakat, rasa saling menghormati perlu diterapkan untuk menjaga kerukunan. Seperti bentuk penghormatan terhadap pemeluk agama lain. Rasa ini akan menanamkan sifat toleransi dan solidaritas tinggi.

3. Menciptakan Perdamaian

Negara yang merdeka adalah negara yang bersatu. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik dalam menerapkan makna Bhinneka Tunggal Ika. Anda harus selalu menciptakan perdamaian, jangan memancing ataupun terpancing konflik yang dapat memecah belah.

4. Mengutamakan Kepentingan Bersama

Egoisme merupakan sifat tercela yang perlu dihilangkan dalam kesatuan dan persatuan. Pasalnya, kemerdekaan masa itu dapat terjadi sebab adanya kerja sama dan gotong royong. Oleh karena itu, bentuk penghargaan yang dapat dilakukan yaitu dengan kebersamaan.

Terlebih jika Anda seorang pemimpin pada sebuah regu ataupun komunitas. Mementingkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama merupakan hal buruk yang dapat memecah belah persatuan. Dalam hal ini, makna Bhinneka Tunggal Ika perlu diterapkan dengan baik.


Posting Komentar untuk " Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa?"