Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah?


SOAL:

Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah?

a. Panjang meja

b. Tinggi kursi

c. Diameter kelereng

d. Diameter bola kaki

e. Keliling lingkaran


JAWABAN:

C. Diameter kelereng


PEMBAHASAN:

Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah?

Mengukur Menggunakan Jangka Sorong Memudahkan Perhitungan

Mengukur menggunakan jangka sorong mungkin sudah banyak diketahui oleh beberapa anak dengan basic hitungan. Sebab, alat tersebut sendiri memiliki fungsi dalam melakukan pengukuran panjang dan pendeknya sebuah objek.

Namun, selain itu, penggunaannya sendiri juga bisa dilakukan untuk mengetahui besaran diameter, kedalaman, maupun ketebalan sebuah objek. Jika dibandingkan dengan jenis alat yang lain, efektifitas penggunaan dan hasil lebih perspektif menggunakan jangka sorong.

Dilengkapi dengan media ukur hingga seperseratus milimeter. Sehingga, mengukur menggunakan jangka sorong akan jauh lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk analog maupun digital.

Manfaat Mengukur Menggunakan Jangka Sorong

Bagi seorang teknisi, terutama dalam bidang sipil. Memiliki alat ini merupakan suatu kewajiban untuk memudahkan perhitungan dengan standar yang sudah ditetapkan. Penggunaanya yang cukup mudah, juga memberikan beberapa manfaat antara lain :

1. Keakuratan Hasil

Memiliki media ukur mencapai seperseratus milimeter. Penggunaan alat ini dalam mendapatkan hasil perhitungan dinilai sangat akurat. Apalagi saat ini, dikembangkan menjadi dua bentuk diantaranya analog dan juga digital.

Penggunaanya juga dapat menghemat waktu dan tenaga. Sebab, Anda tidak perlu lagi melakukan perhitungan dengan cara manual. Namun, hingga saat ini harga yang ditawarkan untuk alat ini masih cukup mahal.

2. Mengukur Panjang dan Lebar Objek

Mengukur menggunakan jangka sorong dapat memudahkan Anda dalam mendeteksi panjang dan lebar suatu objek. Cara penggunaan juga terbilang simpel. Anda hanya perlu menjepit objek menggunakan rahang pada alat hingga hasil terlihat.

3. Dapat Menghitung Diameter

Selain manfaat diatas, penggunaan alat ini juga memudahkan teknisi dalam mengetahui diameter suatu objek. Perhitungan menggunakan penggaris bisa saja dilakukan, namun jika ingin hasil praktis. Memilih alat ini merupakan pilihan paling tepat.

4. Mampu Mengukur Kedalaman Benda

Bagi kontraktor sipil yang bergerak dalam pembentukan jalan raya ataupun aspal. Mengetahui perhitungan dari kedalaman objek sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapat. Apalagi jalan raya dibentuk dengan tujuan menjamin keamanan pengguna jalan.

Cara penggunaanya dengan memasukkan ekor alat pada lubang objek yang diukur. Sangat mudah dilakukan dan hasil yang didapat juga akurat. Sehingga, mengukur menggunakan jangka sorong memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya.


Posting Komentar untuk "Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah?"