Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel disebut rangkaian?


SOAL:

Rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel disebut rangkaian?

a. bercabang

b. paralel

c. seri

d. campuran

e. ganda


JAWABAN:

C. seri


PEMBAHASAN:


Rangkaian yang Tidak Membutuhkan Banyak Kabel

Rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel disebut rangkaian?

Dalam pembelajaran fisika, rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel sering disebut sebagai rangkaian seri. Jenis ini memiliki banyak beban listrik serta dimodifikasi sedemikan rupa hanya dalam satu rangkaian saja.

Sifat yang dimilikinya cukup banyak. Pada jenis arus merambat seri ini, pada masing-masing beban memiliki tekanan sama. Tegangan sumbernya juga dibagi berdasarkan jumlah seri kepemilikan objek. Sehingga, tegangan total dengan seri memiliki jumlah sama rata.

Sebab saling berkaitan satu sama lain. Rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel ini akan mengalami pemberhentian arus apabila rangkaiannya terputus secara mendadak. Sehingga, tidak ada satu pun bohlam menyala.

Pemanfaatan Rangkaian yang Tidak Membutuhkan Banyak Kabel

Pada beberapa kasus dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Rangkaian seri sering dimanfaatkan dalam berbagai suasana. Beberapa pemanfaatan jenis ini dapat Anda simak dalam pembahasan berikut :

1. Lampu Natal

Perayaan Natal selalu identik dengan lampu tumblr dan terpasang pada pohon natal. Kerlap-kerlip cahaya yang dihasilkan dari tumblr tersebut diperoleh dari rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel.

Di mana, proses pembuatannya disusun dalam satu seri. Sehingga, proses penyalaannya dapat berlangsung bersamaan dalam satu waktu. Jika saklar dimatikan, maka keseluruhan lampu akan padam.

2. Pemanas Air

Jika di rumah Anda terdapat fasilitas kamar mandi dengan pemanas air. Maka, Anda dapat mengetahui bahwa prinsip kerja dari pemanas air yang dihasilkan tersebut berasal air dan mengalir melalui pipa.

Kemudian, air pada pipa tersebut akan diarahkan menuju tangki. Dimana, pada bagian bawahnya terdapat kompor gas. Dalam pelaksanaannya dengan kesan sederhana, prinsip dari penggunaan untuk menghasilkan air panas tersebut menggunakan jenis seri.

3. Lampu Taman

Pemanfaatan lain dari rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel ini terdapat pada lampu taman. Sebab, memiliki halaman luas tentu saja diperlukan teknik pemadaman dan penyalaan lebih ringkas. Di mana, dalam 1 proses arus listrik dalam mengalir keseluruh lampu.

4. Lampu Pada Ruang Tamu di Rumah

Mungkin bagi kebanyakan orang, sangat jarang memanfaatkan aliran ini pada lampu ruang tamu. Namun, jika pemasangan dilakukan dengan jumlah lebih dari 1 bohlam. Maka, rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel ini sering dipilih sebab lebih ringkas.


Posting Komentar untuk "Rangkaian yang tidak membutuhkan banyak kabel disebut rangkaian?"