Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibawah ini perilaku yang mencerminkan sifat amanah adalah


SOAL:

Dibawah ini perilaku yang mencerminkan sifat amanah adalah

a. Teman menitipkan air, ia meminumnya sedikit

b. Meminjam barang, lalu ia mengembalikannya

c. berkata sejujurnya kepada orang tuanya

d. menghormati dan menaati orang tua dan guru

e. Selalu Menolong orang lain


JAWABAN: 

B. Meminjam barang, lalu ia mengembalikannya



PEMBAHASAN:

Dibawah ini perilaku yang mencerminkan sifat amanah adalah

Penjelasan Perilaku Sifat Amanah adalah Sebagai Berikut

Penjelasan mengenai perilaku sifat amanah adalah hal yang mulai dicari. Pencarian terkait hal ini bisa dikatakan sebagai hal positif. Itu karena perilaku amanah merupakan hal yang sangat perlu dibiasakan.

Ketika berbicara tentang amanah, bahasan ini pasti sering dikaitkan dengan akhlak rasul. Itu karena ada empat akhlak rasul yang perlu diketahui yaitu sidiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Hal tersebut membuat amanah menjadi satu dari keempat akhlak tersebut.

Jika melihat secara bahasa, amanah berarti dapat dipercaya. Oleh sebab itu, perilaku sifat amanah adalah hal yang pasti berhubungan dengan kepercayaan.

Perilaku Sifat Amanah adalah Hal yang Sangat Mulia

Setiap orang pasti bertanya mengenai detail dari perilaku ini karena alasan tertentu. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar mengingat keinginan menjadi pribadi yang amanah pasti menjadi harapan setiap orang.

Jika harus dijabarkan secara detail, perilaku sifat amanah adalah hal yang bisa dijelaskan dengan beberapa ciri. Berikut beberapa cirinya.

1. Jujur

Hal pertama yang menjadi ciri sifat amanah adalah jujur. Jujur memang terkesan sebagai hal yang sangat sepele. Namun patut diakui kalau menjadi pribadi yang seratus persen jujur bukan hal mudah. Terkadang, seseorang merasa berbohong begitu diperlukan.

2. Tanggung Jawab

Ciri selanjutnya yang tidak kalah penting dari jujur adalah tanggung jawab. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, amanah berarti orang yang dapat dipercaya. Kepercayaan ini didapat karena orang yang amanah selalu memegang tanggung jawab itu dengan baik.

3. Tepat Janji

Berjanji adalah hal yang umum dalam komunikasi namun menepati janji itulah yang sulit. Dengan sibuknya aktivitas seseorang terkadang ada beberapa janji yang sulit dipenuhi. Bagi orang amanah, menepati janji adalah hal yang sangat wajib.

4. Tegas

Orang amanah tidak sembarangan dalam menerima setiap kepercayaan dari orang lain. pribadi ini selalu tegas dalam menerima atau menolak setiap amanah yang didapatkan. Hal tersebut membuat dirinya tidak terjebak dalam kepercayaan yang tidak bisa dijalankan.

5. Mendapat Kepercayaan

Ciri terakhir dari peribadi yang amanah berhubungan dengan kepercayaan lebih. Normalnya masyarakat sering mempercayakan sesuatu yang tidak akan diberikan kepada orang lain. ini wajar karena kepercayaan itu pasti tidak akan dikecewakan.

Pastikan untuk menjaga kepercayaan orang lain dengan sebaik mungkin. Itu karena perilaku sifat amanah adalah kebiasaan yang selalu memegang hal tersebut.


Posting Komentar untuk "Dibawah ini perilaku yang mencerminkan sifat amanah adalah"