Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Bunyi yang beraturan disebut?


SOAL:

Bunyi yang beraturan disebut?

a. Tempo

b. Nada

c. Birama

d. Not

e. False


JAWABAN:

b. Nada


Pembahasan Apa Itu Bunyi yang Beraturan

Bunyi yang beraturan disebut?

Apa Itu Bunyi yang Beraturan, Inilah Pengertian Dan Sifatnya

Apa itu bunyi yang beraturan sering kali ditanyakan oleh beberapa orang awam. Sebab, berkaitan dengan unsur musik, banyak orang kurang memahami dari tiap frekuensi suara yang dikeluarkan. Padahal suara dengan ritme teratur disebut sebagai nada.

Mengetahui apa itu bunyi yang beraturan adalah nada. Tentu masih terdapat perasaan bingung terhadap perbedaan keduanya. Meskipun terlihat hampir sama, namun pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan signifikan.

Bunyi merupakan sebuah getaran yang disampaikan melalui perantara kepada telinga sehingga dapat didengar. Hal ini juga masih dibagi menjadi dua jenis yaitu teratur dan tidak teratur.

Pada bunyi teratur terdapat jumlah getaran pada setiap frekuensi secara tetap. Sedangkan tidak teratur, frekuensi pada tiap detiknya mengalami perbedaan. Contohnya seperti suara kendaraan bermotor maupun suara bising dari kerumunan orang.

Mengetahui Apa Itu Bunyi yang Beraturan Beserta Sifatnya

Setiap nada yang dikeluarkan, selalu memiliki sifat. Beberapa jenis sifat dari nada suara yang didengar dapat Anda pelajari berikut ini:

1. Durasi

Sifat dari apa itu bunyi yang beraturan dalam nada adalah durasi. Dimana, durasi ini merupakan lama atau sebentarnya sebuah nada disuarakan. Hal ini dilakukan sebab setiap jangkauan suara yang dihasilkan berkaitan dengan rentang waktu.

2. Timbre

Kata timbre mungkin terdengar sedikit asing. Namun, dalam sebuah pembelajaran music timbre berperan cukup penting. Sebab, sifat ini dikenal sebagai warna atau kualitas dari nada yang dihasilkan.

Pada bidang ilmu seni musik, timbre dapat mengetahui segala jenis perbedaan. Mulai dari produksi suara seperti koor dan juga instrument music. Bahkan timbre juga dapat membedakan jenis suara yang dikeluarkan dari jenis instrumen mirip seperti viola dan violin.

3. Intensitas Nada

Sifat lain yang perlu Anda ketahui adalah intensitas nada. Dimana, sifat satu ini berkaitan erat dengan keras atau lembutnya sebuah nada yang dibunyikan. Sehingga, perbedaan dari suara yang dihasilkan dapat terekam dengan jelas.

4. Pitch

Sifat paling penting dari bidang ilmu seni musik adalah pitch. Berperan sebagai deteksi ketepatan jangkauan nada, membuat pitch banyak diperhitungkan dalam membidik vocal yang tepat. Sebab, apa itu bunyi yang beraturan beriringan erat dengan pitch dalam musik.


Posting Komentar untuk "Bunyi yang beraturan disebut?"