Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh?

SOAL:

Barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh?

a. Soekarno

b. Moh. Hatta

c. S. Suhud

d. Arifin Abdurrahman

e. Budi utomo


JAWABAN: 

C. S. Suhud


PEMBAHASAN:

Barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh?

Barisan Pelopor yang Menyiapkan Tiang Bendera Dipimpin Oleh

Beberapa orang sering bertanya barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh siapa. Pertanyaan semacam ini sangat perlu dilestarikan.

Indonesia adalah bangsa besar yang memiliki sejarah panjang. Tentu sejarah itulah yang membuat bangsa Indonesia menjadi semakin kuat.

Oleh sebab itu, merupakan hal negatif apabila pemahaman akan sejarah ini terus menurun. Merupakan kewajiban anak bangsa untuk terus melestarikannya. 

Pertanyaan tentang barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh siapa hanya satu dari banyak hal yang bisa dipelajari.

Akan lebih baik apabila pemahaman tentang sejarah Indonesia lain coba dipelajari. Dengan cara itu, sejarah bisa bertahan hingga ke masa depan.

Barisan Pelopor yang Menyiapkan Tiang Bendera Dipimpin Oleh S. Suhud

Barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh Suhud Sastro Kusumo. Suhud Sastro Kusumo sendiri tidak memegang peran ini sembarangan. Ia ditunjuk secara khusus untuk memimpin barisan ini.

Mengulas barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera tentu tidak akan lengkap tanpa membahas tiga tokoh utama yang pertama kali mengibarkan bendera merah putih. Untuk lebih lengkap, berikut ketiga tokoh tersebut.

1. Abdul Latief Hendraningrat

Tokoh pertama yang memegang peran ini adalah Abdul Latief Hendraningrat. Pria asal Jakarta ini lahir pada 15 Februari 1991. 

Ayahnya merupakan seorang demang sehingga ia mendapat embel-embel sebagai seorang ningrat. Latief memiliki peran besar dalam mendesak Soekarno Hatta agar memproklamasikan kemerdekaan. 

Ketika proklamator diculi ke rengasdengklok, Latief bertugas mengamankan lokasi proklamasi. Selanjutnya, Latief disodorkan baki berisi bendera untuk menjadi salah satu pengibarnya.

2. Suhud Sastro Kusumo

Selain menjadi pemimpin barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera, Suhud juga menjadi orang pertama yang mengibarkan bendera merah putih. Suhud sendiri lahir pada tahun 1920.

Pada tanggal 14 Agustus 1945, Suhud bersama beberapa orang lain sebenarnya mendapat tugas untuk menjaga Soekarno. Namun ia kecolongan karena Soekarno diculik oleh kaum muda.

3. SK Trimurti

Tokoh terakhir yang menjadi pengebar bendera merah putih pertama kali adalah SK Trimurti. Trimurti sendiri adalah istri dari Sayuti Melik. Adanya Trimurti sendiri sekarang menjadi budaya dimana pengibar bendera berisi dua pria dan satu wanita.

Membahas sejarah sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat menarik. oleh sebab itu, akan lebih baik apabila pertanyaan seperti barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh siapa mulai diperbanyak.

Kesimpulan

Jadi Jawaban Yang Benar Mengenai Barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh adalah S. Suhud

Posting Komentar untuk "Barisan pelopor yang menyiapkan tiang bendera dipimpin oleh?"