Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budi menyelesaikan masalahnya dengan tanpa kekerasan, Tindakan tersebut merupakan wujud sikap?


SOAL:

Budi menyelesaikan masalahnya dengan tanpa kekerasan, Tindakan tersebut merupakan wujud sikap?

a. jiwa kepahlawanan

b. mengutamakan persatuan dan kesatuan

c. rela berkorban

d. cinta tanah air

e. Seling tolong menolong


JAWABAN: 

B. mengutamakan persatuan dan kesatuan


PEMBAHASAN:

Budi menyelesaikan masalahnya dengan tanpa kekerasan, Tindakan tersebut merupakan wujud sikap?

Sikap Menyelesaikan Masalah Tanpa Kekerasan Disebut Dengan?

Sikap menyelesaikan masalah tanpa kekerasan adalah hal yang perlu dibudayakan. Itu karena karakteristik warga yang memiliki jiwa pancasila harus seperti ini. Namun masalahnya, sekarang tidak semua orang menerapkan hal ini.

Beberapa orang lebih suka menggunakan kekerasan ketika menyelesaikan masalah. Perlu diingat, hal tersebut bisa menimbulkan efek domino. Masalah yang seharusnya selesai bisa menjadi semakin besar.

Oleh sebab itu, mulailah kebiasaan untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Sikap menyelesaikan masalah tanpa kekerasan ini perlu dimulai dari diri sendiri.

Sikap Menyelesaikan Masalah Tanpa Kekerasan Disebut dengan Motivasi Mengutamakan Persatuan dan Kesatuan

Sikap ini sering disebut motivasi untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan. Ketika menjalankan sikap ini, seseorang pasti tidak egois. Apa yang ada di kepalanya pasti mengutamakan kepentingan orang lain.

Perlu diketahui, sikap menyelesaikan masalah tanpa kekerasan sendiri memberikan banyak manfaat. Untuk lebih lengkap, berikut beberapa manfaat tersebut.

1. Mengatasi Perbedaan

Manfaat pertama berhubungan dengan upaya mengatasi perbedaan. Indonesia sendiri memang negara yang sangat kaya dimana perbedaan terlihat disana sini. Dengan adanya motivasi mengutamakan persatuan dan kesatuan, perbedaan tidak akan menjadi masalah.

2. Tujuan Nasional

Indonesia memiliki tujuan nasional yang perlu diraih. Salah satu tujuan nasionalnya adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan sikap ini, tujuan tersebut tentu menjadi lebih mudah dicapai.

3. Menjaga Keutuhan NKRI

Ketika kekerasan dilakukan, keutuhan NKRI pasti terganggu. NKRI yang tidak utuh jelas memberikan banyak efek negatif. Oleh karena itu, sikap menghindari kekerasan bisa menjadi upaya untuk menjaga keutuhannya.

4. Pergaulan

Anda pasti tidak suka bergaul dengan seseorang yang berperilaku keras dan kasar. Oleh sebab itu, pastikan untuk menghindari perilaku buruk tersebut. Dengan dihindari, pergaulan bisa berjalan lebih baik.

5. Pembangunan Negara

Pembangunan negara sekarang sedang terjadi secara intens. Tentu dibutuhkan masyarakat yang saling mendukung untuk memperlancar proses pembangunan tersebut. dengan adanya sikap menghindari kekerasan, proses pembangunan tidak akan tersendat.

Selalu gunakan kepala dingin dalam menyelesaikan masalah. Biasanya seseorang akan menyesal ketika baru saja menyelesaikan masalah dengan kekerasan dan kasar. Oleh sebab itu, pastikan untuk terus menjalankan sikap menyelesaikan masalah tanpa kekerasan.

Jadi Jawaban Budi menyelesaikan masalahnya dengan tanpa kekerasan, Tindakan tersebut merupakan wujud sikap adalah B. mengutamakan persatuan dan kesatuan

Posting Komentar untuk "Budi menyelesaikan masalahnya dengan tanpa kekerasan, Tindakan tersebut merupakan wujud sikap?"