Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Berdasarkan kondisi geografisnya, sebagian besar wilayah Benua Australia berupa?

Berdasarkan kondisi geografisnya, sebagian besar wilayah Benua Australia berupa?

SOAL:

Berdasarkan kondisi geografisnya, sebagian besar wilayah Benua Australia berupa?

a. gurun

b. stepa

c. tundra

d. hutan

e. Semua jawaban benar


Jawaban:

A. gurun


PEMBAHASAN:

Berdasarkan kondisi geografisnya, sebagian besar wilayah Benua Australia berupa?

Berdasarkan Kondisi Geografisnya Sebagian Besar Wilayah Benua Australia Berupa?

Berdasarkan kondisi geografisnya sebagian besar wilayah Benua Australia berupa gurun yang kering. Namun meskipun begitu, negara satu ini sudah berhasil melakukan eksploitasi dan pengelolaan secara maksimal. Hal inilah yang membuat mereka menjadi salah satu negara termaju di dunia. 

Semuanya pasti tahu kalau Benua Australia ini terletak di bumi bagian selatan. WIlayahnya cukup strategis karena diapit oleh dua samudera besar yakni Samudera Pasifik dan Hindia. Le4tak koordinat benua satu ini berada di lintang 10⁰ 41' - 43⁰ 39'LS dan bujur 113⁰ 09' - 153⁰ 39'BT. 

Dengan lokasinya tersebut, wilayah benua Australia ini memiliki iklim Subtropis. Sebagian besar wilayah negara satu ini dilewati langsung oleh garis Tropik Kaprikorn. Berbeda dengan Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga beriklim tropis.

Berdasarkan Kondisi Geografisnya Sebagian Besar Wilayah Benua Australia Berupa?

Jika merujuk pada letak geografisnya, sebagian besar wilayah Australia ini merupakan gurun yang kering. Hal ini juga dipengaruhi oleh titik lokasinya yang berada di wilayah sub tropis. Kondisi tersebut membuat iklim disini sangatlah kering.

Terlebih lagi jika kita bicara daerah pedalaman di benua tersebut. Wilayah pedalaman Australia terasa sangat kering karena jauh dari angin yang membawa uap air samudera. Hal inilah yang kemudian membuat 70% wilayah pedalaman Australia menjadi gurun tandus dan sangat kering. 

Tidak hanya dipicu oleh titik lokasinya yang jauh dari angin samudera, tandusnya tanah Australia ini juga dipicu oleh keberadaan pegunungan Alpen yang membentang di sepanjang wilayah tenggara benua tersebut. Pegunungan tersebut menghalangi angin yang berasal dari Atlantik Timur untuk mencapai wilayah pedalaman.

Curah Hujan Australia Juga Cukup TInggi

Kini kita tahu kalau berdasarkan kondisi geografisnya sebagian besar wilayah Benua Australia berupa gurun yang tandus. Meskipun begitu, ternyata curah hujan di benua satu ini juga cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi dari daratan lain yang ada di sekitarnya. 

Hal ini dikarenakan penguapan di wilayah tersebut memang sangat tinggi. Tidak heran kalau kemudian beberapa wilayah di benua satu ini memiliki iklim yang basah. Tapi sebaliknya, wilayah pegunungan di negara satu ini memiliki curah hujan yang rendah karena masuk dalam kategori wilayah bayangan hujan.

Pembahasan mengenai hal ini seringkali dibahas pada mata pelajaran IPS Geografi SMA. Pastikan untuk memahami penjelasan yang sudah kami jelaskan di atas agar Anda bisa menjawab pertanyaan berdasarkan kondisi geografisnya sebagian besar wilayah Benua Australia berupa?

 


Posting Komentar untuk "Berdasarkan kondisi geografisnya, sebagian besar wilayah Benua Australia berupa?"