Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut?

SOAL:

Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut?

a. karya seni satu dimensi

b. karya seni dua dimensi

c. karya seni tiga dimensi

d. karya seni empat dimensi

e. Semua jawaban benar


JAWABAN:

C. karya seni tiga dimensi


PEMBAHASAN:

Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut?

Seni Rupa yang Memiliki Panjang Lebar dan Tinggi

Seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi adalah seni rupa tiga dimensi. Perlu diketahui, seni rupa sendiri tidak semuanya tiga dimensi.

Itu karena ada juga seni lain yang bentuknya hanya dua dimensi. Contoh seni rupa dua dimensi sendiri adalah lukisan. Lukisan hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang.

Jika melihatnya dari sudut pandang lain, bentuknya akan terlihat aneh. Kondisi berbeda akan terlihat pada seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi. Biasanya seni rupa semacam ini bisa dinikmati dari berbagai arah.

Seni Rupa yang Memiliki Panjang Lebar dan Tinggi Adalah Seni Tiga Dimensi

Seni rupa tiga dimensi contohnya sangat banyak. Namun kesulitan utama pada seni rupa ini terletak pada proses belajarnya. Diperlukan fokus terhadap detail yang lebih tinggi dari seni rupa dua dimensi.

Ini menjadi alasan utama mengapa seseorang akan masuk ke dunia dua dimensi terlebih dahulu ketika mempelajari seni. Namun ingat, seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi juga bukan suatu hal yang mustahil.

Anda pasti pernah melihat barang-barang yang termasuk ke dalam golongan tersebut. oleh sebab itu, berikut penjelasannya secara lebih lengkap.

1. Kriya

Contoh seni rupa tiga dimensi pertama adalah kriya. Secara mudah, kriya bisa diartikan sebagai benda hias yang bisa ditempatkan sebagai pajangan maupun hiasan. Dibandingkan aspek fungsi, seni kriya lebih mengutamakan aspek keindahan dalam proses pembuatannya.

2. Patung

Contoh selanjutnya adalah patung yang merupakan seni rupa murni. Disini aspek fungsi tidak diperhatikan sama sekali karena patung hanya memerhatikan aspek keindahan. Bahan dasar pembuatan batung sendiri bermacam-macam mulai dari kayu, batu, hingga logam.

3. Keramik

Karya seni tiga dimensi selanjutnya adalah keramik. Keramik sendiri bermacam-macam mulai dari gentong, gelas, cangkir, dan mangkuk. Dalam pembuatan keramik, aspek fungsi dan keindahan sama-sama perlu diperhatikan.

4. Arsitektur

Terakhir adalah arsitektur yang bisa digolongkan sebagai seni terapan. Sama seperti keramik, arsitektur mengharuskan seseorang mempertimbangkan aspek fungsi dan keindahan secara matang. Bahkan terkadang keindahan tidak dijadikan prioritas disini.

Berbicara tentang seni rupa memang tidak ada habisnya. Itu karena pembahan terkait hal ini sangat kaya. Perlu diketahui, ada banyak contoh lain dari seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi.

Kesimpulan

Jadi Jawaban Mengenai Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume adalah karya seni tiga dimensi.


Posting Komentar untuk "Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut?"