Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Proses menggambar yang paling awal atau membuat rancangan gambar dinamakan?

Proses menggambar yang paling awal atau membuat rancangan gambar dinamakan?

SOAL:

Proses menggambar yang paling awal atau membuat rancangan gambar dinamakan?

a. mewarnai

b. gambar

c. batik

d. menyulam

e. sketsa

Jawaban: 

E. sketsa


Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Proses menggambar yang paling awal atau membuat rancangan gambar dinamakan sketsa

PEMBAHASAN

Proses menggambar yang paling awal atau membuat rancangan gambar dinamakan?

Proses Menggambar yang Paling Awal atau Rancangan Gambar Disebut

Proses menggambar yang paling awal atau rancangan gambar disebut sketsa. Bagi sebagian orang, sketsa juga dapat diartikan sebagai lukisan awal saat menuangkan sebuah ide.

Coretan dasar sangat penting untuk seorang seniman. Biasanya para seniman akan mengembangkan kembali sketsanya sehingga bisa menjadi karya hebat.

Itu mengapa proses menggambar yang paling awal atau rancangan gambar disebut sangat penting oleh seorang seniman, agar tidak lupa dengan idenya maka mereka langsung menuangkannya di atas kertas. Walaupun awalnya hanya ide kecil, sketsa bisa dikembangkan jadi karya besar.

Pengertian Proses Menggambar yang Paling Awal atau Rancangan Gambar Disebut Sketsa

Jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sketsa diartikan sebagai lukisan cepat, rancangan lukisan, atau tentang suatu hal secara garis besarnya. Jadi menurutnya sketsa tidak hanya sebuah coretan lukisan tapi bisa juga sebuah kronologi secara garis besar.

Proses menggambar yang paling awal atau rancangan gambar disebut schedios dalam Bahasa Yunani. Arti dari kata schedios itu sendiri adalah temporer atau sesuatu hal mampu diselesaikan secara tiba-tiba atau tanpa persiapan.

Menurut Ensiklopedia, sketsa itu coretan atau lukisan kasar seorang seniman untuk menuangkan ide-ide dasar sebuah karya yang nantinya akan dibuat lebih detail. Pada intinya sketsa itu sebuah coretan awal untuk dikembangkan.

1. Tujuan Pembuatan Sketsa

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa sketsa seperti halnya coretan utama suatu lukisan maupun kronologi. Hal tersebut bertujuan untuk mewakili karakteristik, model, bentuk suatu ide dengan garis singkat namun jelas.

Proses menggambar yang paling awal atau rancangan gambar disebut sketsa sebenarnya memiliki beberapa tujuan. Tujuan paling utama ialah merekam sesuatu yang dilihat, didengar, maupun dipikirkan oleh seorang seniman.

Gambar dasar mampu menyampaikan ide tersirat seorang seniman, maupun menyampaikan fungsionalnya. Salah satu cara cepat untuk menciptakan suatu ilustrasi dasar yakni dengan membuat gambar dasar.

2. Kegunaan Sketsa

Proses menggambar yang paling awal atau rancangan gambar disebut mampu untuk membuat komposisi dasar sebuah ilustrasi dengan cepat. Ilustrasi ini nantinya bisa digunakan untuk beberapa hal diantaranya keperluan situs maupun desain grafis.

Salah satu kegunaan lainnya dari membuat gambar cepat yakni untuk mengembangkan suatu konsep dengan cepat. Gambar dasar data dibuat hanya dengan waktu singkat, mungkin satu atau dua jam saja.

Sketsa mampu memberikan orientasi, maksudnya seniman dapat menunjukkan jati dirinya di lingkungan yang baru. Hal terpenting adalah proses menggambar yang paling awal atau rancangan gambar disebut dapat memberikan penekanan terhadap sesuatu karakter penting.

Jangan lupa kunjungi artikel soal kami yang lain tentang sistem gerak pada manusia.


Posting Komentar untuk "Proses menggambar yang paling awal atau membuat rancangan gambar dinamakan?"