Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah?

Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah?

Soal:

Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah?

a. kapas

b .sutera

c. daun kelapa

d. daun pandan

e. batang kelapa


Jawaban

A. kapas

Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah kapas


Pembahasan

Inilah Tumbuhan Bahan Membuat Kain Katun Jarang Diketahui

Tumbuhan bahan membuat kain katun masih jarang diketahui banyak orang. Bahkan banyak yang hanya tahu menggunakan tenunan itu sendiri tanpa tahu cara membuatnya. Padahal tidak ada salahnya mengenalnya lebih dalam, justru itu akan menambah wawasan kita.

Pada umumnya pakaian dibuat dari tekstil atau tenunan yang dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kainnya itu sendiri dapat dibuat dari bahan sintetis atau alami.

Untuk tenunan yang berasal dari bahan alami, biasanya terbuat dari kulit hewan atau tumbuhan. Untuk beberapa orang, opsi tumbuhan bahan membuat kain katun lebih baik karena dari alam.

Mengenal Tanaman Kapas Sebagai Tumbuhan Bahan Membuat Kain Katun

Setelah mengetahui bahwa tumbuhan bahan untuk membuat kain katun adalah kapas, Anda perlu mengetahui tenunan katun itu lebih lagi. Proses pembuatannya dari kapas, memerlukan proses yang panjang. Pada zaman dulu kain itu dibuat manual dengan alat-alat seadanya.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, katun tersebut sekarang ini dibuat menggunakan mesin-mesin canggih. Walaupun demikian, pembuatan dengan mesin canggih tentunya tetap menjaga kualitas yang ada.

1. Pemanfaatan Tanaman Kapas

Tanaman kapas sudah ada sekitar 5000 tahun lalu, karena sejak itu India telah melakukan budidaya kapas. Tanaman ini terus berkembang hingga ke China, lalu ke Benua Amerika. Tanaman kapas sebagai tumbuhan bahan membuat kain katun mulai ada di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda.

Ada begitu banyak pemanfaatan tanaman kapas, diantaranya sebagai bakal pembuatan benang yang kemudian benang tersebut dapat dibuat menjadi sehelai tenunan. Tenunan tersebut bisa dimanfaatkan lagi untuk membuat serbet, sapu tangan, dan lain sebagainya.

Manfaat lainnya ialah tanaman kapas bisa digunakan untuk kapas pembersih, perban, cuttonbud, dan lain sebagainya. tumbuhan bahan membuat kain katun tidak luput dari manfaat tanaman ini. Setelah kain tersebut sudah jadi, bisa diolah sehingga menjadi kaos, kemeja, celana, rok, dan lainnya.

2. Kelebihan Tanaman Kapas

Alasan mengapa sangat diminati oleh banyak orang ialah tenunan tersebut mampu menyerap keringat. Tentunya hal tersebut memberikan rasa nyaman saat digunakan beraktivitas. 

Kelebihan yang lainnya yaitu bisa menyesuaikan kondisi yang terjadi, bisa menyejukkan dan menghangatkan. Alasan itu membuat kapas menjadi tumbuhan bahan membuat kain katun sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi apapun dan di mana saja.

Penutup

Tadi Kamu sudah pahamkan Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah apa? Jangan lupa kunjungi artikel soal kami yang lain tentang hubungan antara perubahan sosial dengan perubahan kebudayaan .

Posting Komentar untuk "Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah?"