Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah?

Contoh Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah?

SOAL:

Contoh Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah?

a. Pisang, kelapa, dan jati

b. Jati, tebu, dan kumis kucing

c. Pinus, rotan, dan sagu

d. Jati, mahoni, dan albasia

e. Semua jawaban benar


Jawaban: 

D. Jati, mahoni, dan albasia


PEMBAHASAN:

Contoh Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah?

Tumbuhan yang Dimanfaatkan Manusia Sebagai Bahan Bangunan

Ada banyak sekali jenis tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan. Ini merupakan bukti kalau alam memang menyediakan segala kebutuhan manusia jika dikelola dengan baik. Seiring dengan berjalannya waktu, jenis tumbuhan yang digunakan untuk bangunan juga terus berubah.

Namun masih ada juga beberapa konsep bangunan yang masih menggunakan tumbuhan dari jenis terdahulu. Di dalam materi pelajaran geografi SMA, hal ini tentu menjadi salah satu pembahasan yang sering ditanyakan.

Tumbuhan yang Dimanfaatkan Manusia Sebagai Bahan Bangunan

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 5 jenis tumbuhan yang paling sering dijadikan bahan baku bangunan di masa lalu hingga di era modern ini. Agar Anda tidak penasaran, mari kita bahas apa saja jenis tumbuhan ini satu persatu.

1. Tumbuhan Kayu 

Jenis tumbuhan pertama yang sering dijadikan sebagai bahan bangunan adalah tumbuhan kayu. Ada banyak sekali jenis kayu yang biasa digunakan sebagai sarana untuk mendirikan bangunan. Di Indonesia sendiri, beberapa jenis kayu satu ini sangat umum dijadikan bahan bangunan : 

  1. Kayu Jati
  2. Kayu Mahoni
  3. Kayu Borneo
  4. Kayu Asem
  5. Kayu Jinjing
  6. dll.

Tentunya masih banyak jenis kayu lain yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan. Namun beberapa nama di atas adalah jenis kayu terpopuler yang paling umum digunakan di Indonesia ini. Selain digunakan sebagai bahan bangunan, jenis kayu tersebut juga sering dijadikan bahan furnitur.

2. Bambu dan Sejenisnya

Jenis tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan selanjutnya adalah bambu. Sebelum baja ringan menjadi bahan baku utama penyangga atap, masyarakat negeri ini lebih sering menggunakan bambu. 

Bambu dinilai memiliki elastisitas yang tinggi. Seringkali tanaman satu ini dijadikan alas genteng atau biasa disebut dengan reng. Pada rumah masa lalu, bambu gombong yang berukuran besar juga banyak dijadikan sebagai tiang penyangga pada bangunan.

3. Kelapa dan Aren

Jenis tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan lainnya adalah kelapa dan aren. Batang kayu dari tumbuhan satu ini sering dijadikan sebagai bahan baku bangunan jembatan. 

Sedangkan untuk aren, ijuknya sering dijadikan sebagai penutup atap di rumah-rumah tradisional. Kayu aren juga sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jembatan. Namun saat ini, keberadaan tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan tersebut sudah tergantikan oleh bahan bangunan dari pabrik. 


Posting Komentar untuk "Contoh Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah?"