Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Fungsi Bahan kerajinan adalah?

Fungsi Bahan kerajinan adalah?

Soal:

Fungsi Bahan kerajinan adalah?

a. benda pakai dan benda hias

b. benda pakan dan benda tak berguna

c. benda benda kayu dan benda batu

d. benda alami dan benda buatan

e. benda dari planet mars

Jawaban

A. benda pakai dan benda hias

Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Fungsi Bahan kerajinan adalah benda pakai dan benda hias


PEMBAHASAN:

Fungsi Bahan Kerajinan Sebagai Benda Pakai dan Benda Hias

Fungsi Bahan kerajinan adalah?

Fungsi bahan kerajinan adalah sebagai benda pakai dan juga hias. Kerajinan merupakan suatu kegiatan untuk menghasilkan suatu produk dengan mengandalkan ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang.

Kerajinan juga menjadi salah satu cabang kesenian yang cukup digemari oleh banyak orang. Hal tersebut disebabkan karena fungsi produk dari cabang kesenian ini yang tidak hanya dapat dinikmati keindahannya saja, melainkan ada juga produk yang dapat dipakai serta digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Fungsi bahan kerajinan sebagai benda pakai serta hias juga bisa memiliki nilai jual tinggi sehingga banyak pengrajin yang memproduksinya untuk dijadikan pekerjaan atau mata pencaharian. Kerajinan juga sering disebut dengan sebutan seni kriya. 

Manfaat Produk dari Fungsi Bahan Kerajinan Sebagai Benda Pakai Serta Benda Hias

Proses seni kriya ditujukan untuk menghasilkan sebuah barang atau produk. Produk ini memiliki banyak nilai fungsi serta nilai estetika di dalamnya. Secara umum produk seni kriya dibagi menjadi 2, yaitu benda pakai dan juga hias.

1. Manfaat produk kerajinan sebagai benda pakai

Karena digunakan sebagai benda pakai, produk seni kriya satu ini diciptakan atau dibuat dengan mengutamakan fungsi kegunaannya. Namun, produk seni kriya barang pakai ini juga tetap memiliki nilai estetis atau keindahan di dalamnya.

Hanya saja para pengrajin lebih mengutamakan fungsi dari barang yang mereka buat dan menjadikan unsur keindahannya sebagai bonus. Contoh barang dari seni kriya sebagai barang pakai bisa Anda temui dengan mudah pada alat yang digunakan sehari – hari.

Diantaranya adalah alat makan, meja, kursi, tas yang berasal dari anyaman bambu atau rotan, taplak meja, lemari, dan masih banyak barang hasil lainnya.

2. Manfaat produk kerajinan sebagai benda hias

Berbeda dengan fungsi bahan kerajinan sebagai barang pakai, hasil seni kriya sebagai benda hias ini hanya bisa dinikmati keindahannya saja dan tidak memiliki fungsi pakai. Seni kriya jenis ini biasanya sering dijadikan pajangan oleh kebanyakan orang. 

Seni kriya jenis ini juga biasanya dijadikan identitas sebuah daerah untuk kemudian menjadi cinderamata yang bernilai tinggi ketika dijual kepada para wisatawan yang berkunjung. Contoh dari seni kriya hias ini adalah patung, miniatur, kaligrafi, lukisan, dan masih banyak lainnya.

Baik seni kriya barang hias maupun pakai keduanya memiliki nilai seni serta nilai jual tinggi. Hal tersebutlah yang membuat cabang seni ini banyak digemari untuk mendapatkan fungsi bahan kerajinan.

Tadi Kamu sudah pahamkan benda pakai dan benda hias apa?

Posting Komentar untuk "Fungsi Bahan kerajinan adalah?"