Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan benang-benang halus pada jamur disebut?

Kumpulan benang-benang halus pada jamur disebut?

SOAL:

Kumpulan benang-benang halus pada jamur disebut?

a. sporangium

b. askospora

c. miselium

d. basidiospora

e. spora


Jawaban: 

C. miselium


PEMBAHASAN:

Apa Itu Kumpulan Benang Benang Halus pada Jamur

Apa Itu Kumpulan Benang Benang Halus pada Jamur ?

Pertanyaan mengenai apa itu kumpulan benang benang halus pada jamur sering ditanyakan. Itu karena, pertanyaan ini sering muncul pada tugas biologi namun kebanyakan orang sering lupa.

Jamur sendiri memang sering dianggap sebelah mata. Walaupun memiliki banyak manfaat, kebanyakan orang sering malas dalam mempelajarinya.

Dengan tidak adanya semangat untuk mempelajari, pertanyaan seperti apa itu kumpulan benang benang halus pada jamur pasti sulit dijawab. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika mempelajari tentang jamur secara lebih baik.

Apa Itu Kumpulan Benang Benang Halus pada Jamur ? Jawabannya Adalah Miselium

Jawaban dari pertanyaan itu adalah miselium. Miselium sendiri memiliki fungsi sangat besar untuk jamur. Keberadaannya berperan untuk menyerap zat organik dari lingkungan dan menghasilkan spora untuk berkembangbiak.

Namun kurang tepat jika hanya menanyakan apa itu kumpulan benang benang halus pada jamur. Itu karena masih banyak bagian penting lain pada jamur. Berikut beberapa bagian yang sangat vital.

1. Talus

Bagian pertama adalah talus yang merupakan bentuk menyeluruh dari jamur itu sendiri. perlu diketahui, talus ini memiliki bentuk yang bermacam-macam. Terdapat beberapa yang mirip akar namun ada juga yang mirip batang.

2. Dinding Sel

Bagian selanjutnya pada jamur adalah dinding sel. Dinding sel jamur sendiri cukup unik karena berisi zat kitin dan beta glukan. Kondisi ini cukup berbeda dengan tanaman lain dimana dinding sel biasanya berisi selulosa.

3. Septa

Jamur memiliki beberapa nukleus. Nukleus tersebut tentu perlu dipisahkan antara satu dengan yang lain. septa inilah yang memiliki peran untuk memisahkan nukleus tersebut.

4. Hifa

Dalam jamur, terdapat bentuk seperti benang yang sebenarnya merupakan deretan sel. Itulah yang disebut dengan hifa. Jenis hifa sendiri ada beberapa seperti hifa aseptat, septat uninukleus, dan septat multinukleus.

5. Pori

Dalam septa biasanya terdapat beberapa lubang. Itulah yang disebut dengan pori. Dengan adanya pori, distribusi nutrisi pada sel bisa berjalan lebih optimal.

Sebenarnya ada banyak bagian lain pada jamur. Bagiannya sendiri seperti haustoria, sporofor, hingga spora. Oleh sebab itu, kurang lengkap jika mempelajari jamur hanya dilakukan dengan bertanya apa itu kumpulan benang benang halus pada jamur.


Posting Komentar untuk "Kumpulan benang-benang halus pada jamur disebut?"