Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembah amazon terdapat di wilayah negara?

SOAL:

Lembah amazon terdapat di wilayah negara?

a. Eropa

b. Kanada

c. Amerika Utara

d. Amerika Selatan

e. Semua jawaban benar


Jawaban: 

D. Amerika Selatan


PEMBAHASAN

Lembah amazon terdapat di wilayah negara?

Letak Lembah Amazon? Ternyata Ini Penjelasan Lengkapnya

Pertanyaan mengenai letak lembah amazon sering menjadi perdebatan. Itu karena setiap orang memiliki argumen masing-masing terkait hal ini. Untuk info paling akurat, lembah amazon terletak di sembilan negara.

Sembilan negaranya sendiri antara lain Peru, Bolivia, Venezuela, Ekuador, Kolombia, Brasil, Guyana, Guyana Prancis, hingga Surimane. Perlu diketahui, lembah ini sendiri memiliki luas sebesar tujuh kilometer.

Oleh sebab itu, letak lembah amazon yang berada di sembilan negara menjadi hal yang normal. Ini menjadikan amazon sebagai salah satu lembah terluas di dunia.

Selain Mengetahui Letak Lembah Amazon, Penting Juga Memahami Fakta Uniknya

Perlu diketahui, lembah amazon ini memiliki banyak fakta unik. Fakta unik tersebut semakin jelas terutama ketika melihat pada sungainya.

Oleh sebab itu, tidak lengkap jika yang dibahas hanya letak lembah amazon. Akan lebih tepat jika mengulas juga fakta uniknya. Oleh karena itu, berikut beberapa fakta uniknya secara lebih lengkap.

1. Sumber Air

Banyak orang mempertanyakan dari mana hutan amazon mendapatkan sumber air. Pertanyaan ini semakin meningkat ketika melihat pada sungai amazon itu sendiri. perlu diketahui, sumber airnya berasal dari pegunungan andes yang berasal dari Peru.

2. Debit Air

Selain lembahnya besar, sungai amazon juga tidak sembarangan. Sungai ini memiliki debit air mencapai 209 ribu meter kubik per detik. Debit ini menjadikannya sebagai sungai dengan debit air terbesar yang ada di dunia.

3. Sungai Kembar

Lagi-lagi sungai amazon memberikan suatu fakta unik. Pada tahun 2011, para peniliti mendapatkan menemukan fakta adanya sungai kembar yang berada di bawah tanah. Sungai kembar ini sendiri sekarang diberi nama The Hamzah.

4. Masyarakat Adat

Walaupun terkesan seram, adalah kesalahan jika menganggap kalau lembah ini tidak berpenghuni. Itu karena lembah amazon masih memiliki masyarakat adat yang konsisten untuk tinggal. Masyarakat adat sendiri berperan besar dalam menjaga lembah.

5. Rumah Satwa Unik

Seperti yang pasti diketahui, lembah amazon menjadi rumah bagi banyak satwa unik. Bahkan ada banyak satwa di tempat ini yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Amazon membuktikan jika alam ini sangat kaya. Oleh karena itu, pastikan untuk mencintai dan mempelajarinya. Milikilah kemauan untuk mengetahui hal lain selain letak lembah amazon itu sendiri.


Posting Komentar untuk "Lembah amazon terdapat di wilayah negara?"