Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Organ berikut yang menyusun sistem gerak pada manusia yaitu?

Organ berikut yang menyusun sistem gerak pada manusia yaitu?

SOAL:

Organ berikut yang menyusun sistem gerak pada manusia yaitu?

a. tulang dan otak

b. otak dan sumsum tulang belakang

c. otot dan sumsum tulang belakang

d. otot dan tulang

e. otot dan hati


Jawaban: 

D. otot dan tulang

PEMBAHASAN

Organ berikut yang menyusun sistem gerak pada manusia yaitu?

Materi Organ yang Menyusun Sistem Gerak Manusia Terlengkap

Organ yang menyusun sistem gerak manusia memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita. Dengan adanya bagian tubuh tersebut, maka kita dapat beraktivitas dengan bebas seperti yang bisa kita nikmati saat ini.

Anda dapat beraktivitas dengan baik itu didukung oleh organ penyusun namanya yaitu tulang, sendi, dan otot. Ketiga bagian itu tentunya memiliki fungsi atau peran berbeda.

Mengenal lebih dalam mengenai organ yang menyusun sistem gerak manusia penting, agar kita bisa lebih mensyukuri serta lebih menjaga lagi kesehatan tubuh.

Pengenalan Organ yang Menyusun Sistem Gerak Manusia

Telah disinggung di atas, ada tiga organ penyusun alat berpindah kita, yaitu tulang, sendi, dan otot. Bagian tubuh tersebut akan bekerja sama sehingga dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.

Salah satu contoh bahwa sistem musculoskeletal (alat bantu untuk berpindah) berfungsi dengan baik yakni mampu menopang berat badan, menjaga postur tubuh sehingga mampu beraktivitas dengan baik.

Organ yang menyusun sistem gerak manusia terdiri dari dua macam yaitu sistem gerak aktif dan pasif. Kedua bagian tubuh itu memiliki cara berbeda-beda agar bisa digunakan.

Apa itu sistem gerak aktif ? Bagian tubuh atau organ mampu untuk mengalami kontraksi, relaksasi, elastis, ataupun berdetak seperti otot. Otot itu sendiri terbentuk dari ribuan serat elastis, fungsinya membuat kita mampu bergerak, duduk, diam, berlari, dan kegiatan lainnya.

Ada dua jenis otot tergolong ke dalam organ yang menyusun sistem gerak manusia. Pertama yaitu otot yang melekat pada tulang dan sekitaran sendi, bagian otot ini terbentuk dari serat-serat elastis, sehingga kita bisa berkegiatan dengan bebas.

Kemudian berikutnya adalah otot halus. Kalau otot skeletal tadi hanya bisa digunakan dalam keadaan sadar, berbeda halnya dengan otot halus ini bisa berfungsi secara spontan tanpa keinginan dari pemilik tubuh itu sendiri.

Untuk alat gerak pasif tidak bisa digunakan tanpa adanya bantuan dari bagian tubuh lain, seperti tulang, ligament, dan sendi. Tulang merupakan alat utama dalam aktivitas manusia. Tubuh kita terdiri dari sekitar 206 tulang terdiri dari lapisan lunak dan keras

Pertemuan antara kedua tulang disebut sendi. Salah satu contohnya sendi lutut, sendi lengan dan lain sebagainya.

Organ terakhir adalah ligament. Bagian tubuh tersebut merupakan alat berpindah digunakan untuk menghubungkan tulang dan membantu menjaga kestabilan sendi. Dalam organ yang menyusun sistem gerak manusia tentu memiliki perannya masing-masing saling terhubung.


Posting Komentar untuk "Organ berikut yang menyusun sistem gerak pada manusia yaitu?"