Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran utama konsumen adalah?

Peran utama konsumen adalah?

Soal:

Peran utama konsumen adalah?

a. Sebagai pengguna dan pemasok hasil produksi

b. Sebagai pengguna dan pemasok faktor produksi

c. Sebagai pengguna hasil produksi dan pemasok faktor produksi

d. Sebagai pemasok hasil produksi dan pengguna faktor produksi

e. Sebagai spesialis impor

Jawaban: 

C. Sebagai pengguna hasil produksi dan pemasok faktor produksi

Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Peran utama konsumen adalah Konsumen Sebagai pengguna hasil produksi dan pemasok faktor produksi.


Pembahasan:

Peran Utama Konsumen Dalam Suatu Kegiatan Perekonomian

Peran Utama Konsumen Dalam Suatu Kegiatan Perekonomian Di dalam sebuah perekonomian, peran utama konsumen adalah sebagai pihak yang membeli atau menggunakan barang dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa adanya pembeli, sebuah usaha bisa macet dan terancam gulung tikar. Selain itu dalam meningkatkan bisnis atau usaha kecil, menengah maupun besar juga tetap membutuhkan peran utama konsumen sebagai faktor nomor satu perkembangan bisnis Anda.  Dalam undang-undang No. 8 tahun 1999 mengenai Perlindungan Konsumen Pasal 1 ayat 2, konsumen adalah setiap orang baik pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat, bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan kembali. Konsumen atau pelanggan juga bisa diartikan sebagai pelaku kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan aktivitas konsumsi. Aktivitas konsumsi bisa berarti sebagai tindakan penggunaan barang atau jasa dengan cara mengurangi serta menghabiskan nilai gunanya. Namun, tahukah Anda sebenarnya apa peran utama konsumen dalam kegiatan perekonomian? Untuk Anda yang belum mengetahuinya, simak informasi lengkapnya dibawah ini. Peran Utama Konsumen Pada Suatu Tindakan Perekonomian Dalam sebuah tindakan perekonomian, pelanggan menjadi siklus terakhir dari aliran barang maupun jasa dari sebuah rantai produksi oleh produsen. Karena menjadi pengguna barang atau jasa produk dari para produsen, maka pelanggan memiliki peranan paling penting. Tanpa mereka seluruh rantai pasokan pasti akan macet dan tidak berjalan dengan baik. Jika hal tersebut terus dibiarkan, bukan tidak mungkin produsen tersebut akan mengalami kebangkrutan karena tidak bisa lagi memproduksi barang dagangannya. Secara rinci, berikut peran penting konsumen dalam kegiatan ekonomi. 1.	Pelanggan sebagai pengguna dari barang atau jasa hasil dari produsen. 2.	Pelanggan sebagai motivator bagi kegiatan perusahaan. Semakin banyak barang atau jasa yang dipakai pelanggan, maka akan semakin tinggi juga motivasi produsen untuk memproduksi barang atau jasa yang disukai pelanggan tersebut. 3.	Pelanggan juga bisa menciptakan efek berantai (multiplier effect) untuk terciptanya peningkatan pendapatan nasional sebuah negara. Bahkan ada juga beberapa negara di dunia yang disebut memiliki “consumer-driven economy”, yang artinya perekonomian pada negara tersebut digerakan secara keseluruhan oleh pelanggan. Hal itu juga menjadi salah satu peran utama konsumen dalam kegiatan berekonomi.

Di dalam sebuah perekonomian, peran utama konsumen adalah sebagai pihak yang membeli atau menggunakan barang dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa adanya pembeli, sebuah usaha bisa macet dan terancam gulung tikar.

Selain itu dalam meningkatkan bisnis atau usaha kecil, menengah maupun besar juga tetap membutuhkan peran utama konsumen sebagai faktor nomor satu perkembangan bisnis Anda. 

Dalam undang-undang No. 8 tahun 1999 mengenai Perlindungan Konsumen Pasal 1 ayat 2, konsumen adalah setiap orang baik pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat, bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan kembali.

Konsumen atau pelanggan juga bisa diartikan sebagai pelaku kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan aktivitas konsumsi. Aktivitas konsumsi bisa berarti sebagai tindakan penggunaan barang atau jasa dengan cara mengurangi serta menghabiskan nilai gunanya.

Namun, tahukah Anda sebenarnya apa peran utama konsumen dalam kegiatan perekonomian? Untuk Anda yang belum mengetahuinya, simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Peran Utama Konsumen Pada Suatu Tindakan Perekonomian

Dalam sebuah tindakan perekonomian, pelanggan menjadi siklus terakhir dari aliran barang maupun jasa dari sebuah rantai produksi oleh produsen. Karena menjadi pengguna barang atau jasa produk dari para produsen, maka pelanggan memiliki peranan paling penting.

Tanpa mereka seluruh rantai pasokan pasti akan macet dan tidak berjalan dengan baik. Jika hal tersebut terus dibiarkan, bukan tidak mungkin produsen tersebut akan mengalami kebangkrutan karena tidak bisa lagi memproduksi barang dagangannya.

Secara rinci, berikut peran penting konsumen dalam kegiatan ekonomi.

1. Pelanggan sebagai pengguna dari barang atau jasa hasil dari produsen.

2. Pelanggan sebagai motivator bagi kegiatan perusahaan. Semakin banyak barang atau jasa yang dipakai pelanggan, maka akan semakin tinggi juga motivasi produsen untuk memproduksi barang atau jasa yang disukai pelanggan tersebut.

3. Pelanggan juga bisa menciptakan efek berantai (multiplier effect) untuk terciptanya peningkatan pendapatan nasional sebuah negara.

Bahkan ada juga beberapa negara di dunia yang disebut memiliki “consumer-driven economy”, yang artinya perekonomian pada negara tersebut digerakan secara keseluruhan oleh pelanggan. Hal itu juga menjadi salah satu peran utama konsumen dalam kegiatan berekonomi.

Tadi Kamu sudah pahamkan Peran utama konsumen adalah?

Posting Komentar untuk "Peran utama konsumen adalah?"