Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan suku-suku bangsa Indonesia yang beragam dipengaruhi oleh?


SOAL:

Perbedaan suku-suku bangsa Indonesia yang beragam dipengaruhi oleh?

a. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati

b. Persamaan lingkungan pulau yang ditempati

c. Banyaknya gunung berapi di Indonesia

d. Perbedaan jenis iklim antar pulau di Indonesia

e. Adanya Persamaan budaya


JAWABAN:

A. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati


PEMBAHASAN:

Perbedaan suku-suku bangsa Indonesia yang beragam dipengaruhi oleh?

Berikut Pengaruh Perbedaan Suku Suku Bangsa Indonesia

Pengaruh perbedaan suku suku bangsa Indonesia sangat banyak. Pengaruhnya sendiri melebar ke banyak faktor. Beberapa pengaruh pasti Anda ketahui tetapi sisanya pasti baru didengar.

Perlu diingat, perbedaan suku tidak boleh menjadi masalah di Indonesia. Itu karena Indonesia memegang prinsip bhinneka tunggal ika atau berbeda beda tetapi tetap satu jua. Dengan adanya prinsip tersebut, perbedaan tidak akan menjadi masalah.

Oleh karena itu, pengaruh perbedaan suku suku bangsa Indonesia sendiri tidak berbau negatif. Pengaruhnya merupakan hal positif yang bisa digunakan untuk memajukan bangsa.

Pengaruh Perbedaan Suku Suku Bangsa Indonesia

Kebanyakan dari Anda pasti penasaran dengan penjelasan detail mengenai pengaruh tersebut. Untuk informasi lebih lengkap, terdapat beberapa pengaruh yang terkesan paling penting.

Pengaruh perbedaan suku suku bangsa Indonesia ini pasti membuat Anda semakin sadar kalau Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Oleh sebab itu, berikut penjelasan mengenai pengaruhnya.

1. Budaya

Pengaruh pertama dari perbedaan suku terasa pada budaya. Sekarang budaya di Indonesia sendiri memang sangat kaya. Budaya tersebut nampak bermacam macam mulai dari pakaian, tradisi, hingga berbagai simbol yang sering dipakai oleh masyarakat.

2. Adat Istiadat

Perbedaan suku tentu menyebabkan perbedaan adat istiadat. Setiap suku biasanya memiliki adat istiadat masing-masing. Ini sering terlihat terutama pada upacara adat atau perayaan sesuatu yang penting dimana setiap suku memiliki pemahamannya masing-masing.

3. Bahasa

Pengaruh banyaknya suku ini jelas terlihat pada bahasa. Walaupun bahasa Indonesia memegang peran sebagai bahasa persatuan, setiap suku memiliki bahasanya masing-masing. Jumlahnya sendiri memang tidak sedikit jika semuanya ditotalkan.

4. Ras

Ada beberapa suku yang berasal dari ras sama. Namun kebanyakan dari suku-suku tersebut memiliki ras berbeda. Perbedaan ras ini bisa dilihat dari warna kulit dan beberapa bagian lain pada tubuh.

5. Agama atau Kepercayaan

Perbedaan suku juga memberikan pengaruh besar terhadap agama. Sekarang Indonesia memiliki beberapa agama yang diakui. Namun jika ditotalkan, jumlah kepercayaan yang ada di Indonesia jumlahnya sangat banyak.

Pastikan untuk tidak asal dalam memandang perbedaan setiap suku. Jangan sampai perbedaan tersebut menimbulkan pandangan negatif yang menyebabkan perpecahan. Selalu ingat kalau pengaruh perbedaan suku suku bangsa Indonesia merupakan hal positif.


Posting Komentar untuk "Perbedaan suku-suku bangsa Indonesia yang beragam dipengaruhi oleh?"