Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Perumusan dasar Negara Indonesia diawali adanya peristiwa

Perumusan dasar Negara Indonesia diawali adanya peristiwa

Soal:

Perumusan dasar Negara Indonesia diawali adanya peristiwa

a. pembentukan BPUPKI

b. Pemberian betadine

c. Pemberian Ramuan Herbal

d. Pemberian Sabun Antiseptic

e. Pembersihan Pemberontak


Jawaban: 

A. pembentukan BPUPKI

Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Perumusan dasar Negara Indonesia diawali adanya peristiwa pembentukan BPUPKI


PEMBAHASAN:

Berikut Ini Sejarah Awal Peristiwa Perumusan Dasar Negara Indonesia

Awal peristiwa perumusan dasar negara Indonesia diawali dengan dibentuknya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Organisasi tersebut dibentuk khusus untuk mempersiapkan kemerdekaan beserta syarat mutlak untuk dipenuhi sebagai bangsa merdeka.

Dasar negara Indonesia atau Pancasila dirumuskan dalam siding pertama pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 oleh BPUPKI. Hal yang dibahas yakni dasar negara kita, lalu pada siding kedua tanggal 10 – 17 Juli 1945 hal yang dibahas ialah rancangan Undang-Undang Dasar (UUD 1945).

Sidang pertama, Soekarno, Soepomo, dan Moh Yamin menyampaikan usulan mengenai ideologi bangsa. Hal itu dilakukan karena arahan dari Radjiman Widyodiningrat selaku ketua BPUPKI dalam pidatonya dipembukaan sidang

Berikut 3 Tokoh yang Memberikan Usulannya Pada Awal Peristiwa Perumusan Dasar Negara Indonesia

Awal peristiwa perumusan dasar negara Indonesia merupakan waktu yang sangat krusial. Dengan dilaksanakannya pertemuan itu, ada banyak saran dan masukan yang diberikan oleh para pejuan. Seperti yang dilakukan oleh Moh. Yamin, Soepomo, dan Soekarno berikut ini.

1. Usulan Moh Yamin (29 Mei 1945)

Pada sidang itu, Moh yamin menyampaikan usulan lisan dan usulan tertulis. Masing-masing usulan tersebut memiliki hubungan satu sam lainnya.

Pada awal peristiwa perumusan dasar negara Indonesia beliau memberikan usulan lisan, Moh Yamin mengusulkan 5 hal. Poinnya yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, serta Kesejahteraan Rakyat. 

Usulan tertulis dia menuliskan 5 hal. Poin itu Ketuhanan YME, kebangsaan persatuan Indonesia, rasa kemanusiaan yang adil dan beradab, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

2. Usulan Soepomo (31 Mei 1945)

Menurut Soepomo bangsa merdeka adalah apabila mampu menyatukan seluruh golongan, serta menyatukan diri dengan seluruh lapisan rakyat. Beliau juga menegaskan jika merdeka itu bukan berarti hanya menyatukan diri dengan golongan besar.

Dalam usulannya di sidang Awal peristiwa perumusan dasar negara Indonesia, soepomo menyebutkan 5 hal. Poinnya yaitu persatuan, kekeluargaan, keseimbangan lahir dan batin, musyawarah, dan keadilan rakyat.

Poin utama yang sering disampaikan ialah mengenai hal yang seharusnya dilakukan oleh bangsa merdeka. Tanah air harus mampu bersatu dengan semuanya, tidak memandang golongan ekonomi, politik dan sebagainya.

3. Usulan Soekarno (1 Juni 1945)

Pada pidatonya, Soekarno menyampaikan usulan yang berbentuk fundamental, filsafat, pikiran, dan pikiran terbaiknya agar bisa mendirikan negara yang terbaik. Usulan dasar negara diberi julukan Panca Dharma oleh beliau.

Beliau menyampaikan 5 hal penting dalam usulan tersebut. Hal pentingnya yaitu kebangsaan Indonesia, Internasional / perikemanusiaan, mufakat / demokrasi, kesejahtraan sosial, dan ketuhanan YME.

Pengesahan ideology bangsa dilakukan pada tanggal 18 Agustus 1945. Awal peristiwa perumusan dasar negara Indonesia itu memberikan kesimpulan yaitu Pancasila ditetapkan sebagai ideologi bangsa oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). 

Penutup

Tadi Kamu sudah pahamkan Perumusan dasar Negara Indonesia diawali adanya peristiwa apa? Jangan lupa kunjungi artikel soal kami yang lain tentang Tumbuhan untuk membuat kain katun

Posting Komentar untuk "Perumusan dasar Negara Indonesia diawali adanya peristiwa"