Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara?

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara?

SOAL:

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara?

a. Mengurangi bea masuk

b. Mempermudah ijin impor

c. Menaikkan bea masuk

d. Memberikan kredit impor

e. Membatasi impor


Jawaban: 

C. Menaikkan bea masuk

Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara?

Cara Membatasi Jumlah Barang yang Diimpor Secara Efektif

Cara membatasi jumlah barang yang diimpor sebenarnya bisa dilakukan oleh pemerintah dengan mudah. Tapi tentu saja ada banyak pertimbangan yang harus didiskusikan terlebih dahulu agar keputusan yang dibuat tidak merugikan banyak pihak.

Seperti kita ketahui, impor merupakan salah satu bentuk perdagangan internasional yang banyak dilakukan di era modern ini. Impor sendiri memiliki arti mendatangkan barang dari luar ke dalam negeri. Tujuan utama dari impor ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang masih belum terpenuhi oleh stok internal.

Tapi kalau impor dilakukan tanpa pertimbangan, sudah tentu hal ini akan berdampak besar terhadap stabilitas perekonomian sebuah negara. Ketika kondisi tersebut terjadi, membatasi jumlah barang yang diimpor merupakan solusi terbaik.

Bagaimana Cara Membatasi Jumlah Barang yang Diimpor?

Tentunya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membatasi jumlah barang yang diimpor. Namun cara yang paling efektif adalah menaikkan bea masuk. Artinya setiap barang yang diimpor harus dibebaskan terlebih dahulu dari regulasi dengan membayar bea masuk.

Meningkatnya bea masuk akan berdampak besar terhadap minat importir untuk mendatangkan dan menggunakan barang dari luar negeri Hal ini dikarenakan mereka harus membayar biaya tinggi untuk mendatangkan produk tersebut. 

Secara otomatis mereka harus menjual produk dengan harga lebih tinggi, atau mengurangi potensi keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan produk tersebut. Ketika hal ini terjadi, stok dalam negeri akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Manfaat Pembatasan Jumlah Barang yang Diimpor

Jika terjadi secara terus menerus, nilai jual dari produk dalam negeri akan meningkat dengan tajam. Apabila hal ini dilakukan secara konsisten, perekonomian masyarakat bisa meningkat dengan signifikan.

Hanya saja pemerintah harus melakukan pertimbangan secara mendalam ketika cara membatasi jumlah barang yang diimpor ini diterapkan di negaranya masing-masing. Ada regulasi internasional yang harus dipertimbangkan.

Peningkatan bea masuk yang tidak masuk akal sering kali mendatangkan embargo dari negara lain. Jika hal itu sampai terjadi, sudah tentu kerugian yang didapat oleh negara akan jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan negara juga tidak bisa melakukan ekspor ke luar negeri.

Penting sekali untuk melakukan banyak pertimbangan ketika pembatasan impor diterapkan di sebuah negara. Jika cara membatasi jumlah barang yang diimpor ini dilakukan secara sembarangan, dampaknya terhadap stabilitas perekonomian juga akan meningkat. 


Posting Komentar untuk "Untuk membatasi jumlah barang yang diimpor dapat dilakukan dengan cara?"