Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah?

Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah?

Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah?

a. adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda

b. kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi

c. adanya perkawinan campur

d. adanya sikap yang terbuka dengan golongan yang berkuasa

e. Semua jawaban benar


Jawaban: 

A. adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda

Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah?

Jangan lupa kunjungi artikel soal kami yang lain tentang Contoh gerakan lambat adalah gerakan menirukan?


PEMBAHASAN

Faktor Penghambat Integrasi Sosial di masyarakat Indonesia

Indonesia merupakan negara majemuk dengan berbagai ras dan suku, namun masih saja ada faktor penghambat integrasi sosial yang bisa menyebabkan konflik berkepanjangan antar suku, ras dan agama. Jika hanya dibiarkan, hal ini tentunya bisa membahayakan keselamatan negara beserta penduduknya.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk tetap menjaga solidaritas serta toleransi di antara seluruh masyarakat Indonesia. Dengan begitu faktor penghambat integrasi sosial bisa berkurang bahkan hilang dari negara kita ini.

Integrasi sosial sendiri memiliki pengertian sebagai proses penyesuaian unsur – unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi.

Keberagaman yang dimiliki oleh seluruh penduduk Indonesia memang menjadi faktor pemecah belah yang kerap kali terjadi. Pertikaian antar suku, antar agama, sampai dengan antar ras tidak bisa dipungkiri pernah melanda beberapa kali.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya rasa toleransi di antara masing – masing ras, suku, dan agama yang disebabkan oleh penghambat integrasi sosial di Indonesia. Untuk menjaga NKRI tetap utuh seperti apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa, penting bagi kita untuk selalu menjaga rasa toleransi supaya terhindar dari konflik.

Faktor Penghambat Integrasi Sosial Yang Terjadi Di Indonesia

Masih banyak sekali praktek – praktek dari intoleransi dan kurangnya rasa solidaritas yang masih sering terjadi pada masyarakat. Berikut faktor penghambat integrasi sosial di Indonesia.

1. Sikap intoleransi serta anti solidaritas terhadap kelompok lain

Sikap intoleransi dan juga anti solidaritas terhadap kelompok lain masih sering terjadi di Indonesia. Biasanya sebuah kelompok tidak menghormati kelompok lain ketika melakukan urusan pribadi mereka seperti beribadah atau sekedar bersosialisasi dengan sesama kelompok mereka.

2. Sulit menerima perkembangan zaman

Adanya sikap tertutup terhadap perkembangan zaman saat ini juga bisa membuat integrasi sosial dalam masyarakat sulit untuk terwujud. Ditambah lagi jika masih ada sebuah kelompok masih menanamkan mindset kuno terhadap kelompok lain.

3. Adanya sikap kecemburuan

Biasanya sikap kecemburuan ini akan muncul karena adanya perbedaan perlakuan di dalam masyarakat, baik dari segi pendidikan, hukum,ekonomi, dan lain-lain.

Keberagaman suku, ras, dan agama yang ada di Indonesia sudah seharusnya dijaga dengan baik dengan cara menjaga rasa toleransi setiap saat. Ketika menanamkan sikap integrasi sosial dengan baik, faktor penghambat integrasi sosial pun akan lenyap dengan sendirinya.


Posting Komentar untuk " Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah?"