Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi kalimat tanya dalam bahasa indonesia adalah?

Fungsi kalimat tanya dalam bahasa indonesia adalah?

Fungsi kalimat tanya dalam bahasa indonesia adalah?

a. untuk menanyakan sesuatu, baik berupa benda ataupun situasi

b. untuk meminta orang lain melakukan kegiatan sesuai dengan permintaan

c. sebagai penjelas dalam sebuah kalimat

d. memenuhi unsur dari sebuah kalimat sempurna

e. Semua jawaban benar


Jawaban: 

A. untuk menanyakan sesuatu, baik berupa benda ataupun situasi


Fungsi Kalimat Tanya Pada Sebuah Teks Bahasa Indonesia

Fungsi Kalimat Tanya Pada Sebuah Teks Bahasa Indonesia

Fungsi kalimat tanya adalah perkataan yang diungkapkan. Dengan maksud untuk mendapatkan jawaban dari sebuah informasi yang ingin ditanyakan oleh seorang penanya kepada narasumber terkait.

Sederhananya fungsi dari kalimat tanya adalah perkataan digunakan untuk menanyakan sesuatu, entah itu kepada teman, guru, maupun keluarga. Biasanya kalimat tanya atau interogatif diakhiri dengan tanda (?) pada bagian akhirnya.

Hampir semua teks yang telah diajarkan pada bangku sekolah menggunakan interogatif sebagai salah satu perkataan yang digunakan untuk membangun teks. Tidak terkecuali dalam teks berita, teks berita memakai perkataan pertanyaan sebagai kerangka teksnya.

Seperti kita ketahui bersama, dalam sebuah teks berita haruslah terkandung 5W1H, yaitu What (Apa), Who (Siapa), Why (Kenapa), When (Kapan), Where (Di mana) dan How (Bagaimana). Struktur teks berita menggabungkan semua pertanyaan yang akan ditanyakan untuk mendapatkan informasi aktual mengenai berita yang akan diliput.

Pengertian, Ciri – Ciri, Serta Fungsi Kalimat Tanya

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang perkataan pertanyaan atau interogatif. Simak rangkuman lengkap yang kami berikan mengenai hal tersebut salah satunya fungsi kalimat tanya.

1. Pengertian kalimat tanya

Melansir dari kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, interogatif adalah perkataan yang menunjukan atau mengandung pertanyaan. Kemudian bisa juga diartikannya sebagai bentuk verba atau tipe perkataan yang dipakai untuk mengungkapkan pertanyaan.

2. Ciri – ciri kalimat tanya

Seperti halnya dengan jenis perkataan lainnya, interogatif juga memiliki ciri – ciri tersendiri serta membedakannya dengan perkataan jenis lain. Ciri – ciri paling mudah ditemukan pada interogatif adalah diakhiri dengan menggunakan tanda (?). 

Selain itu interogatif juga biasanya diawali dengan kata pertanyaan, diantaranya adalah siapa, di mana, kenapa, bagaimana, kenapa, apa, di mana, dan juga kapan. Kemudian interogatif juga pada umumnya sering diikuti dengan imbuhan “kah” atau bisa juga dengan partikel “kan”.

3. Fungsi kalimat tanya

Sebelum membuat kalimat tanya, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja kata pertanyaan yang bisa kita gunakan. Kata pertanyaan adalah kata digunakan sebagai penanda pertanyaan dalam perkataan pertanyaan. Macam-macam kata pertanyaan adalah apa, siapa, di mana, mengapa, bagaimana dan kapan.

Masing – masing kata tersebut memiliki perannya tersendiri, seperti kapan untuk menanyakan waktu, di mana untuk menanyakan tempat, siapa untuk menanyakan pelaku. Masih banyak lainnya yang menjadi fungsi kalimat tanya.


Posting Komentar untuk "Fungsi kalimat tanya dalam bahasa indonesia adalah?"