Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Gunung Sinabung dan Gunung Kerinci terdapat di pulau?

Gunung Sinabung dan Gunung Kerinci terdapat di pulau?

Gunung Sinabung dan Gunung Kerinci terdapat di pulau?

a. Bali

b. Jawa

c. Maluku

d. Sumatera

e. Semua jawaban benar


Jawaban: 

D. Sumatera


PEMBAHASAN

Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung Terdapat di Pulau Apa?

Gunung Sinabung dan Gunung Kerinci terdapat di pulau?

Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung terdapat di Pulau Sumatra, yaitu tepatnya pada Provinsi Jambi untuk Kerinci. Sedangkan Sinabung terletak pada wilayah Provinsi Sumatra Utara. Keduanya menjadi deretan ancala berapi yang masih aktif di Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki deretan ancala api aktif terbanyak. Diantaranya adalah Gunung Kerinci serta Gunung Sinabung terdapat di Pulau Sumatra. Tidak hanya itu saja, ancala juga banyak terdapat pada pulai lainnya.

Bahkan hampir semua wilayah Indonesia mempunyai ancala berapi masing – masing. Pulau yang tidak memiliki ancala berapi adalah Kalimantan dan Papua. Walaupun pada wilayah kedua pulau tersebut terdapat banyak pegunungan, tetapi tidak satupun yang menunjukan aktivitas vulkanologi mereka.

Sejarah Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung Terdapat di Pulau Sumatra

Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung terdapat di Pulau Sumatra, tidaklah sendirian. Karena masih ada banyak ancala lainnya.

Pada wilayah pulau ini masih terdapat ancala yang masih aktif melakukan aktivitas vulkanis maupun tidak. Selain kedua ardi tersebut, pulau Sumatra masih punya ancala lain seperti Leuser serta Bandahara di Aceh, Marapi di Sumatra Barat, dan Dempo di Sumatra Selatan. 

Untuk mengenal Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung terdapat di Pulau Sumatra secara lebih jauh, berikut kami sajikan rangkuman sejarah dari kedua ancala ini.

1. Kerinci

Kerinci merupakan ancala berapi yang terletak pada Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Kerinci tercatat memiliki ketinggian setinggi 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang menjadikannya puncak tertinggi milik pulau Sumatra.

Tercatat, selama tahun 1800-an sampai dengan abad ke-19 ini, ardi ini sudah meletus setidaknya selama lima kali. Letusan pertamanya sendiri terjadi pada tahun 1838 dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2009 lalu.

2. Sinabung

Sinabung terletak pada Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Ardi ini memiliki tinggi 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sinabung merupakan ancala api aktif dengan jenis stratovolcano serta sampai saat ini sinabung tercatat masih memiliki aktivitas vulkanik yang tinggi.

Ardi ini tercatat tidak pernah meletus sejak tahun 1600, hingga pada tahun 2010, setelah itu tiba – tiba kembali melakukan aktivitas vulkanisnya dan meletus pada tahun yang sama.

Kemudian setelahnya ardi ini mengalami beberapa letusan mulai dari tahun 2013, 2016, 2016, 2018, 2020, sampai terbaru yaitu pada tahun 2021 lalu. Hal tersebut menjadikan Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung terdapat di Pulau Sumatra paling aktif.


Posting Komentar untuk "Gunung Sinabung dan Gunung Kerinci terdapat di pulau?"