Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Pelari Dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah?

Pelari Dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah?

Pelari Dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah?

a. Atlet

b. Starter

c. Sprinter

d. Sprin

e. Pelari cepat


Jawaban: 

C. Sprinter

Jadi berdasarkan kurikulum K13 jawaban yang benar menurut materipintar.com tentang Pelari Dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah adalah Sprinter



PEMBAHASAN

Pelari Dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah?

Apa Itu Pelari Dengan Jarak 100 Meter Sering Disebut?

Sprinter merupakan apa itu pelari dengan jarak 100 meter sering disebut. Lari merupakan jenis olahraga yang mungkin bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Anda bisa melakukannya di lapangan atau bahkan tempat gym menggunakan treadmill.

Sebutan sprinter sebagai apa itu pelari dengan jarak 100 meter merupakan salah satu olahraga yang tergabung dalam cabang atletik. Bahkan nomor lari 100 meter ini sudah di lombakan pada ajang kompetisi tertinggi di dunia yaitu olimpiade.

Karena atletnya disebut sprinter, banyak juga orang yang menyebut lari pada nomor ini dengan istilah sprint. Sprint juga dapat diartikan sebagai cabang olahraga lari yang menggunakan kekuatan dan kecepatan penuhnya sepanjang lintasan sepanjang 100 meter.

Selain sprint 100 meter, ada juga nomor lain yang juga dilombakan dalam cabang olahraga ini. Di antaranya adalah cabang olahraga lari nomor 200 sampai nomor 400 meter. Atlet lari jarak pendek atau sprinter sangat mengandalkan kekuatan dan kecepatan mereka untuk memenangkan lomba. 

Hal tersebut disebabkan karena panjang lintasannya yang sangat pendek. Sprinter akan berusaha sekuat tenaga untuk mencatatkan waktu terbaik dalam sebuah kategori lintasan yang ia ikuti. Untuk saat ini, Usain Bolt masih memgang rekornya yaitu menempuh sprint 100 meter hanya dalam waktu 9,58 detik.

Apa Itu Pelari Dengan Jarak 100 Meter Sering Disebut Dan Bagaimana Teknik melakukannya?

Kemudian setelah mengetahui apa itu pelari dengan jarak 100 meter biasa disebut, selanjutnya adalah bagaimana cara tekniknya. Berikut teknik melakukan sprint secara baik dan benar.

1. Teknik start

Seorang pelari wajib untuk melakukan persiapan awal sebelum berlari atau biasa disebut start. Tujuannya adalah mengoptimalkan pola lari supaya lebih cepat. Start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah start pendek (bunch start), start menengah (medium start), dan start panjang (long start).

2. Teknik lari

Posisikan tubuh senyaman mungkin untuk mendapatkan hasil waktu terbaik. Usahakan agar badan selalu tegap ketika sedang lari, hal tersebut berfungsi juga untuk memperlancar pernafasan ketika berlari.

3. Teknik finish

Teknik finish lari sprint yang benar adalah dengan mencondongkan dada ke arah depan ketika sudah mendekati garis finish. Hal tersebut sangat penting bagi hasil akhir jika ternyata jarak dari Anda dan pelari lain sangat dekat.

Dengan mengetahui teknik cara lari sprint secara benar, Anda bisa mempraktikkannya untuk kemudian mendapatkan manfaat dari apa itu pelari dengan jarak 100 meter biasa disebut.


Posting Komentar untuk "Pelari Dengan jarak 100 meter sering disebut dengan istilah?"