Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah?

Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah?

Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah?

a. Urea dan uap air

b. Garam dapur dan air

c. Asam amino dan amonia

d. Karbon dioksida dan uap air

e. Semua jawaban salah

Kunci Jawaban: 

D. Karbon dioksida dan uap air

Pembahasan:

Sisa Metabolisme yang Dikeluarkan Melalui Paru-Paru

Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah?

Mungkin masih banyak orang belum mengetahui betul bahwa terdapat sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru manusia. Ya, manusia memang bernafas dengan menghirup oksigen. Oksigen digunakan untuk membantu metabolisme dalam tubuh manusia.

Dan kemudian, sisa metabolisme dalam tubuh akan dikeluarkan melalui paru-paru manusia. Zat sisa metabolisme tersebut akan diekskresi atau dibuang dalam beberapa bentuk. Khusus untuk sisa metabolisme dalam paru-paru, zat yang diekskresi adalah karbon dioksida serta uap air.

Proses Pembuangan Sisa Metabolisme yang Dikeluarkan Melalui Paru-Paru

Perlu Anda ketahui bahwa setiap manusia tentu mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Salah satu contoh pembuangan sisa metabolisme ada yang dari urine atau kotoran manusia.

Untuk ekskresi sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru ini cukup berbeda. Dari tenggorokan kemudian mengalirkan udara yang telah dihirup dari hidung. Kemudian, disalurkan ke paru-paru yang berada di kedua sisi dada manusia.

Setelah itu, oksigen tersebut ditampung pada cabang-cabang paru-paru yang berbentuk tabung atau yang biasa disebut dengan bronkus. Setelah oksigen ditampung pada bronkus, lalu dialirkan ke percabangan yang lebih kecil atau yang dikenal dengan bronkiolus.

Setelah itu, tubuh akan melakukan metabolisme untuk memperlancar aliran darah dari otak hingga ke bagian tubuh lainnya. Sehingga Anda tetap dapat bergerak secara normal. Oksigen dari bronkiolus akan sampai ke kelompok kantung yang paling kecil dari paru-paru, yakni alveolus.

Dan langkah selanjutnya yakni penyerapan udara yang telah bermetabolisme ke dalam darah. Sisa-sisa zat metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh paru-paru akan dikeluarkan menjadi suatu zat.

Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru ini disebut uap air dan karbon dioksida. Untuk uap air akan dikeluarkan melalui keringat. Jadi, keringat manusia bisa saja hasil dari sisa metabolisme dalam paru-paru.

Sedangkan untuk karbon dioksida yang merupakan limbah dari metabolisme tubuh akan dialirkan ke dalam darah menuju alveoli. Selanjutnya, karbon dioksida akan dikeluarkan hingga menjadi darah kotor. Darah inilah yang harus dikeluarkan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Manusia memang bernafas dengan menghirup oksigen. Oksigen ini menjadi salah satu bahan untuk metabolisme tubuh. Namun, tidak semua oksigen digunakan untuk membantu metabolisme tubuh. Dan sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru menjadi zat karbon dioksida dan uap air.


Posting Komentar untuk "Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah?"