Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Alfonso de Albuquerque merupakan tokoh penjelajah Samudra yang berasal dari?

Alfonso de Albuquerque merupakan tokoh penjelajah Samudra yang berasal dari?

Alfonso de Albuquerque merupakan tokoh penjelajah Samudra yang berasal dari?

a. Inggris

b. Portugis

c. Belanda

d. Spanyol

e. Perancis


Kunci Jawaban: 

B. Portugis

Mengenal Alfonso de Albuquerque Tokoh dari Portugis

Mengenal Alfonso de Albuquerque Tokoh dari Portugis

Alfonso de Albuquerque adalah salah satu penjelajah Portugis yang cukup terkenal. Banyak prestasi yang pernah dicapai semasa hidupnya. Karirnya dimulai dengan menjadi penasihat Raja John II.

Tahun 1503 memperluas wilayah hingga sampai di Samudra Hindia. Sejak saat itu, Alfonso menjabat sebagai komandan militer di Portugis.

Pria kelahiran Alhandra ini mulai mengenal dunia militer pada tahun 1471. Selain itu, juga dikenal sebagai orang Eropa pertama yang melakukan kolonialisme di nusantara selama bertahun-tahun.

Perjalanan Karir Alfonso de Albuquerque

Alfonso lahir pada tahun 1453 dan merupakan anak kedua dari pasangan Dona Leonor de Menezes dan Goncalo de Albuquerque. Ayahnya juga seorang bangsawan yang mempunyai kedudukan penting.

Pada tanggal 6 April 1503 melakukan ekspedisi pertama ke India. Ekspedisi tersebut dilakukan dengan Francisco de Albuquerque yang merupakan sepupunya. Penjelajahannya diawali dari Tanjung Harapan lalu ke India.

Alfonso de Albuquerque beserta pasukannya sudah sukses menaklukkan tentara Zamorin. Akibatnya Raja Kochi bisa menduduki singgasana dan Portugis bisa mengantongi izin mendirikan benteng dan membangun hubungan perdagangan dengan Quilon.

Selain itu, juga dikenal menjadi peletak dasar pertama kolonialisme Eropa di Asia. Berkat kesuksesannya ini, pada tahun 1506 ditugaskan kembali ke India.

Salah satu keberhasilannya adalah menjadi orang pertama dari Eropa yang menyerang Teluk Persia pada masa Renaisans. Selain itu, pernah ditugaskan menjadi pemimpin ekspedisi ke Laut Merah.

Alfonso de Albuquerque pernah dipenjara karena adanya konflik dengan Gubernur Portugis di India bernama Francisco de Almeida. Namun, pada akhirnya bisa bebas karena raja mengirim bantuan melalui Fernando Coutinho.

Prestasi selanjutnya adalah menjadi Gubernur Portugis kedua di India sejak 4 November 1509. Lalu, pada 1511 mengemban tugas untuk membebaskan para tawanan di Malaka.

Setelah berhasil mengalahkan Malaka, target selanjutnya adalah mengincar Maluku untuk melakukan monopoli rempah-rempah. Selain itu, juga mendirikan banyak benteng di Malaka untuk membangun pertahanan.

Banyak wilayah yang telah berhasil ditaklukkan oleh pria asal Portugis ini. Semenjak lengser dari jabatannya sebagai gubernur, kemudian jatuh sakit. Lalu, pada tanggal 16 Desember 1515 Alfonso de Albuquerque meninggal.

Posting Komentar untuk "Alfonso de Albuquerque merupakan tokoh penjelajah Samudra yang berasal dari?"