Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Arah garis gaya magnet bumi adalah?

Arah garis gaya magnet bumi adalah?

Arah garis gaya magnet bumi adalah?

a. dari kutub utara bumi berakhir di kutub selatan bumi

b. dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi

c. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara bumi

d. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara magnet bumi

e. dari kutub utara bumi ke pusat rotasi bumi


Kunci Jawaban: 

B. dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi


Pembahasan:

Arah Garis Gaya Magnet Bumi yang Harus Anda Kenali

Arah Garis Gaya Magnet Bumi


Arah garis gaya magnet bumi yang menjadi kutub selatan yaitu wilayah kutub utara bumi. Sebaliknya, untuk kutub utara magnetnya ada di belahan bumi selatan.

Anda perlu mengetahui letak dari masing-masing kutub magnetnya tidak berhimpitan tepat dengan belahan utara dan selatan. Arah dari garis gaya tersebut tidak tepat persis dengan arah selatan maupun utara bumi.

Kondisi seperti ini berlaku pada jarum kompas yang mana tidak bisa menunjukkan arah tepat karena sedikit menyimpang. Besarnya sudut penyimpangan atau deklinasi biasanya akan terus berubah setiap tahunnya.

Intip Arah Garis Gaya Magnet Bumi Seperti Apa?

Apabila Anda melihat dari sisi geografisnya maka kutub selatan dari magnet pada planet bumi ada di bagian utara. Sedangkan, untuk sisi utara magnetnya terletak di selatan.

Arah dari garis gaya kedua magnet akan membentuk pola seperti garis melengkung. Arahnya mengalir mulai dari kutub utara magnet menuju selatan. Secara umum, arahnya tidak sejajar permukaan planet tersebut.

Arah garis gaya magnet bumi tersebut bisa menjelaskan mengapa selama ini magnet di jarum kompas hanya berputar pada sumbu horizontal. Anda tidak akan pernah menjumpai kompas yang berputar di sumbu mendatar.

Posisi jarum biasanya miring di mana kutub utara akan mengarah ke atas. Sudut yang terbentuk dari jarum kompas dengan bidang datar dikenal sebagai inklinasi.

Besarnya inklinasi pada berbagai tempat berbeda-beda. Inklinasi paling besar nilainya adalah 90 derajat. Arah garis gaya magnet bumi ditemukan di 2 tempat, yaitu pada belahan selatan maupun utara.

Tempat-tempat itulah yang disebut sebagai kutub magnetnya. Kemudian, untuk garis yang menjadi penghubung tempat-tempat di planet ini memiliki nilai inklinasi nol atau dikenal sebagai daerah khatulistiwa.

Sifat dari planet yang Anda tempati adalah magnetik sehingga akan menimbulkan gaya tarik menarik. Hal inilah yang membuat jarum kompas selalu mengarah ke utara atau selatan meskipun posisinya tidak tepat.

Anda bisa mempraktekkan menggunakan kompas untuk memahami kemagnetan. Selain itu, memahami sudut inklinasi dan deklinasi. Dengan demikian, Anda tidak akan bingung dengan arah garis gaya magnet bumi.


Posting Komentar untuk "Arah garis gaya magnet bumi adalah?"