Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah?

Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah?

Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah?

a. belalang dan kupu-kupu

b. lebah dan laba-laba

c. katak dan kadal

d. kumbang dan kalajengking

e. Kumbang dan capung


Kunci Jawaban: 

C. katak dan kadal

Pembahasan:

Hewan yang Memiliki Rangka Dalam Disebut Endoskeleton

Hewan yang Memiliki Rangka Dalam Disebut Endoskeleton Endoskeleton merupakan suatu kumpulan jenis hewan yang memiliki rangka dalam. Ya, hewan yang memiliki struktur tulang rangka di bagian dalam ini masuk dalam klasifikasi hewan endoskeleton. Kerangka dari hewan tersebut terbuat dari mesoderm selama embriogenesis. Kerangka dalam hewan terdiri dari banyak tulang yang saling berhubungan. Selain itu, tulang tersebut juga terdapat pita fibrosa, yakni ligamen dan tendon. Sehingga, memudahkan hewan tersebut untuk bergerak. Jadi, Anda harus mengetahui jenis hewan yang memiliki kerangka di bagian dalam tubuh. Pengertian Tentang Hewan yang Memiliki Rangka Dalam Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua hewan memiliki tulang rangka dalam. Hanya beberapa hewan tertentu yang memiliki tulang rangka yang terdapat dalam tubuh. Tulang rangka ini terbentuk selama mesoderm dari masa embriogenesis atau saat proses kehamilan hewan. Hewan yang memiliki rangka dalam ini telah ada sejak lahir. Kemudian, tulang rangka ini tumbuh berkembang seiring dengan usia hewan yang telah beranjak dewasa. Ada beberapa fungsi dari tulang rangka tersebut. Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat pembentukan sel darah merah. Sebab, pembentukan sel darah merah pada hewan ini sedikit berbeda. Jadi, tulang rangka memiliki fungsi sebagai tempat membentuk dan menyimpan sel darah merah. Selain itu, tulang rangka dalam juga berfungsi untuk menimbun mineral. Pasalnya, mineral yang didapat dari makanan akan sangat dibutuhkan oleh hewan. Sehingga, hewan yang memiliki rangka dalam dapat menimbun mineral cukup banyak. Lalu, fungsi lainnya dari tulang rangka dalam juga berguna untuk melindungi organ-organ tubuh yang lunak. Sehingga, hewan tetap dapat bergerak meskipun memiliki organ tubuh yang mudah terluka. Sementara itu, fungsi tulang rangka dalam yang terakhir adalah menjadi tempat melekatnya otot-otot beserta syaraf motorik dari hewan. Sebab, otot dan syaraf motorik ini memiliki fungsi penting agar hewan tetap dapat bergerak secara normal. Jika tulang rangka dalam hewan mengalami kerusakan, maka hewan tersebut tentu tidak dapat bergerak. Karena otot dan syaraf tentu terganggu. Bahkan, bisa saja hewan tersebut mati karena tulang rangka dalam mengalami kerusakan parah. Setiap hewan memiliki klasifikasi tersendiri. Salah satunya yakni hewan dengan tulang rangka dalam atau endoskeleton. Hewan yang memiliki rangka dalam ini tentu dapat melindungi organ tubuh, otot dan syarafnya.

Endoskeleton merupakan suatu kumpulan jenis hewan yang memiliki rangka dalam. Ya, hewan yang memiliki struktur tulang rangka di bagian dalam ini masuk dalam klasifikasi hewan endoskeleton. Kerangka dari hewan tersebut terbuat dari mesoderm selama embriogenesis.

Kerangka dalam hewan terdiri dari banyak tulang yang saling berhubungan. Selain itu, tulang tersebut juga terdapat pita fibrosa, yakni ligamen dan tendon. Sehingga, memudahkan hewan tersebut untuk bergerak. Jadi, Anda harus mengetahui jenis hewan yang memiliki kerangka di bagian dalam tubuh.

Pengertian Tentang Hewan yang Memiliki Rangka Dalam

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua hewan memiliki tulang rangka dalam. Hanya beberapa hewan tertentu yang memiliki tulang rangka yang terdapat dalam tubuh. Tulang rangka ini terbentuk selama mesoderm dari masa embriogenesis atau saat proses kehamilan hewan.

Hewan yang memiliki rangka dalam ini telah ada sejak lahir. Kemudian, tulang rangka ini tumbuh berkembang seiring dengan usia hewan yang telah beranjak dewasa. Ada beberapa fungsi dari tulang rangka tersebut.

Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat pembentukan sel darah merah. Sebab, pembentukan sel darah merah pada hewan ini sedikit berbeda. Jadi, tulang rangka memiliki fungsi sebagai tempat membentuk dan menyimpan sel darah merah.

Selain itu, tulang rangka dalam juga berfungsi untuk menimbun mineral. Pasalnya, mineral yang didapat dari makanan akan sangat dibutuhkan oleh hewan. Sehingga, hewan yang memiliki rangka dalam dapat menimbun mineral cukup banyak.

Lalu, fungsi lainnya dari tulang rangka dalam juga berguna untuk melindungi organ-organ tubuh yang lunak. Sehingga, hewan tetap dapat bergerak meskipun memiliki organ tubuh yang mudah terluka.

Sementara itu, fungsi tulang rangka dalam yang terakhir adalah menjadi tempat melekatnya otot-otot beserta syaraf motorik dari hewan. Sebab, otot dan syaraf motorik ini memiliki fungsi penting agar hewan tetap dapat bergerak secara normal.

Jika tulang rangka dalam hewan mengalami kerusakan, maka hewan tersebut tentu tidak dapat bergerak. Karena otot dan syaraf tentu terganggu. Bahkan, bisa saja hewan tersebut mati karena tulang rangka dalam mengalami kerusakan parah.

Setiap hewan memiliki klasifikasi tersendiri. Salah satunya yakni hewan dengan tulang rangka dalam atau endoskeleton. Hewan yang memiliki rangka dalam ini tentu dapat melindungi organ tubuh, otot dan syarafnya.


Posting Komentar untuk "Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah?"