Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Berikut merupakan fungsi teks dalam komik, kecuali?

Berikut merupakan fungsi teks dalam komik, kecuali?

Berikut merupakan fungsi teks dalam komik, kecuali?

a. menjelaskan gambar

b. melengkapi gambar

c. memperdalam penyampaian gambar

d. menceritakan tokoh

e. penerjemah bahasa

Kunci Jawaban: 

D. menceritakan tokoh

Pembahasan:

Pengertian,Ciri-ciri dan Fungsi Teks dalam Komik Berikut

Pengertian,Ciri-ciri dan Fungsi Teks dalam Komik Berikut

Komik dikenal berisi gambar-gambar yang memikat banyak orang, sedangkan fungsi teks dalam komik itu memiliki makna sebagai uraian mengenai peristiwa yang terjadi. Karena tidak mungkin seseorang bisa mengetahui alurnya jika hanya melihat gambar tanpa adanya tulisan didalamnya. 

Oleh karena itu maka tulisan berupa teks juga diperlukan. Meskipun ada tulisannya, namun itu juga sebanding dengan gambar yang ada di dalamnya. Oleh karena itu membacanya sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak terlalu gamar membaca teks.

Pengertian, Ciri Serta Fungsi Teks dalam Komik

Sebelum membahas mengenai fungsi teks dalam komik, maka pahami dulu pengertian dan ciri-cirinya. Hal ini dilakukan agar tidak salah dalam mengenali komik itu sendiri.

Sebenarnya komik itu sendiri diambil dari suku kata dalam bahasa inggris, yakni comic. Dari nama tersebut memiliki makna yang artinya bersifat lucu.

Akan tetapi jika berdasarkan pengertiannya saja, komik adalah susunan gambar-gambar yang menjelaskan sebuah adegan atau peristiwa yang bisa dipahami.

Agar lebih mudah dikenali, biasanya komik memiliki ciri khasnya sendiri. Salah satunya yakni menyampaikan sebuah pesan berasal dari gambar dan tulisan.

Selain itu, komik juga pada umumnya akan menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami. Paling banyak cerita komik mengenai cerita superhero atau cerita pahlawan.

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari komik, tentunya tidak hanya itu saja. Pasti ada beberapa orang yang bertanya mengenai teks dalam komik itu memiliki fungsi apa saja.

Karena hampir setiap komik tidak hanya berisi gambar, namun juga ada tulisan. Fungsi teks dalam komik itu sebagai penjelasan dari setiap gambar yang ada.

Dengan begitu pada saat membacanya seseorang akan bisa mengetahui makna dari gambar tersebut. Karena jika hanya dari gambar saja, akan sulit mengetahui bagaimana makna yang terkandung didalamnya.

Oleh karena itu selain akan terkesima oleh gambar yang indah dan menawan, orang juga akan membaca bagaimana alurnya sehingga jalan ceritanya bisa dimengerti oleh orang lain.

Berdasarkan hal tersebut, maka ketika akan membaca komik bukan hanya melihat gambar saja, namun juga perlu melihat jalan cerita yang digambarkan melalui teks.

Karena perannya sebagai penjelas dari gambar yang ada. Jika tidak dibaca maka akan kesulitan dalam membacanya. Jadi fungsi teks dalam komik itu sangat penting.

Jadi Jawaban menurut Materipintar.com tentang Berikut merupakan fungsi teks dalam komik, Kecuali adalah menceritakan tokoh

Posting Komentar untuk "Berikut merupakan fungsi teks dalam komik, kecuali?"