Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Berikut yang bukan merupakan pelaku ekonomi adalah?

Berikut yang bukan merupakan pelaku ekonomi adalah?

Berikut yang bukan merupakan pelaku ekonomi adalah?

a. rumah tangga konsumen

b. rumah tangga perusahaan

c. rumah tangga luar negeri

d. rumah tangga lingkungan

e. rumah tangga usaha


Kunci Jawaban: 

d. rumah tangga lingkungan


Pembahasan:

Berikut yang bukan merupakan pelaku ekonomi adalah?

Berikut Contoh Pelaku Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh pelaku ekonomi ada banyak. Contohnya sendiri antara lain masyarakat, pemerintah, luar negeri, hingga UKM. Sekarang ketertarikan masyakarat mengenai ekonomi sendiri memang banyak.

Hal tersebut sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat baik. kemajuan ekonomi di masyarakat merupakan tanggung jawab bersama. Dengan pemahaman yang semakin baik, kemungkinan kemajuan ini menjadi semakin besar.

Tetapi masalahnya, contoh pelaku ekonomi di atas sering kali membuat kebingungan. Itu karena perannya sendiri tidak jelas. Padahal setiap pelaku pasti memiliki peran ketika melakukan sesuatu.

Contoh Pelaku Ekonomi Ada Banyak, Oleh Karena Itu Pahamilah Perannya

Memahami peran ini terbilang sebagai hal penting. Nantinya posisi setiap orang dalam ekonomi menjadi sesuatu yang jelas.

Dalam contoh pelaku ekonomi di atas, seseorang tidak harus selalu memegang satu peran. Memegang dua peran juga bisa saja terjadi. oleh sebab itu, berikut berbagai perannya.

1. Produsen

Peran pertama dari pelaku ekonomi adalah sebagai produsen. Produsen sendiri sama dengan penyedia. Intinya seseorang memegang peran ini apabila menjadi tempat awal munculnya barang atau jasa.

Perlu diketahui, seorang produsen bisa saja memegang peran lain di waktu berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui peran selanjutnya.

2. Konsumen

Jika membahas tentang produsen, konsumen adalah sesuatu yang tidak bisa dilupakan. Intinya konsumen merupakan orang yang menggunakan jasa atau barang produsen.

Konsumen sendiri biasanya bertindak sesuai kebutuhan. Hal tersebut membuat seorang produsen akan memerhatikan kebutuhan dari konsumennya. Jika tidak diperhatikan, produk dari produsen tidak akan laris di pasaran.

3. Negara

Peran selanjutnya adalah negara. Intinya ini adalah pihak yang mengawasi jalannya ekonomi. Nantinya konsumen dan produsen perlu memenuhi setiap aturan yang diberikan oleh negara.

4. Luar Negeri

Terakhir adalah luar negeri. Perlu diketahui, sudut pandang luar negeri tergantung di mana seseorang berbeda. Bagi kita orang Indonesia, orang malaysia adalah luar negeri.

Tetapi bagi orang malaysia, kitalah orang Indonesia yang termasuk ke dalam luar negeri. Membahas luar negeri sendiri berkaitan dengan ekspor impor. Ini membuat produsen serta konsumen dari dalam dan luar negeri perlu dibedakan.

Memahami tentang ekonomi sendiri memang cukup rumit. Namun jika dipelajari lebih lanjut, seseorang pasti merasa dimudahkan. Lagipula contoh pelaku ekonomi ini cukup simpel.


Posting Komentar untuk "Berikut yang bukan merupakan pelaku ekonomi adalah?"