Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Bunyi Yang Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tunggal Tertentu Disebut?

Bunyi Yang Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tunggal Tertentu Disebut?

Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tunggal tertentu disebut dengan?

a. birama

b. syair

c. tempo

d. nada

e. note

Kunci Jawaban: 

D. nada


Pembahasan:

Bunyi Yang Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tunggal Tertentu Disebut?

Bunyi yang Beraturan dan Memiliki Frekuensi Tertentu Disebut

Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut nada. Nada sendiri memang sesuatu hal yang sangat unik. Ketika mempelajarinya, seseorang bisa mengetahui banyak hal baru yang berhubungan dengan suara.

Perlu diketahui, mempelajari tentang nada sendiri sebenarnya tidak mudah. Itu karena ada banyak orang di luar sana yang menghabiskan hidupnya hanya untuk memahami lebih jauh mengenai hal ini.

Biasanya orang yang mempelajari tentang nada secara mendalam adalah musisi. Oleh sebab itu musisi pasti mengetahui kalau bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut nada.

Bunyi yang Beraturan dan Memiliki Frekuensi Tertentu Disebut Nada

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai nada, seseorang tidak boleh hanya memahami pengertiannya. Namun ciri ciri dari nada itu perlu diketahui.

Kurang tepat jika hanya menanyakan bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut apa tetapi tidak mengetahui cirinya. Oleh sebab itu, berikut ciri lengkapnya.

1. Pitch

Ciri pertama dari nada terletak pada pitch. Pitch sendiri adalah ketepatan jangkauan nada. Anda pasti pernah mendengar tentang istilah tinggi rendahnya nada.

Tinggi rendah itulah yang dimaksud dengan pitch. Hanya saja kondisi tinggi rendah tersebut memiliki beberapa tingkatan yang perlu disesuikan dengan hasil yang ingin dikeluarkan.

2. Durasi

Ciri selanjutnya dari nada adalah keberadaan durasi yang sudah diperkirakan. Sebuah nada tidak akan terdengar indah apabila durasinya dibuat secara asal.

Sebenarnya tidak masalah apabila durasi sebuah nada sangat panjang atau sangat pendek. Apabila durasi tersebut sudah dipikirkan dan masuk ke dalam harmoni, keberadaannya pasti nyaman di dengar.

3. Intensitas

Dalam nada, memahami intensitas juga penting. Intensitas sendiri berbicara tentang keras atau lembutnya suara suara. 

Biasanya kondisi keras dan lembut tersebut akan memengaruhi volume dari nada. Jika keras biasanya volume akan meningkat dan jika lembut biasanya volume akan menurun.

4. Timbre

Terakhir adalah timbre atau warna suara. Sebagai contoh coba bedakan warna suara dari dua teman Anda. Disana pasti terdengar karakteristik yang berbeda dari suatu tersebut. karakteristik itulah yang disebut dengan timbre.

Sebenarnya membahas mengenai nada sendiri masih jauh. Sebagai contoh, masih ada pembahasan mengenai jenis jenis nada yang terbagi menjadi mayor, minor, dan kromatik. 

Tetapi setidaknya, jawaban dari pertanyaan mengenai bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut apa pasti sudah diketahui yaitu nada.


Posting Komentar untuk "Bunyi Yang Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tunggal Tertentu Disebut?"