Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai?

Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai?

Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai?

a. Filsafat bangsa Indonesia

b. Dasar negara Indonesia

c. Jiwa dan kepribadian bangsa

d. Perjanjianluhur bangsa

e. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: 

C. Jiwa dan kepribadian bangsa

Pembahasan:

Menyaring Budaya Asing Kedudukan Pancasila Berfungsi Sebagai

Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai?

Menyaring budaya asing kedudukan pancasila berfungsi sebagai filterisasi. Sebab, budaya asing tidak serta merta dapat diterapkan dalam kehidupan Bangsa Indonesia yang menganut adat ketimuran. Pasalnya, budaya asing juga dapat membawa pengaruh buruk bagi pemuda-pemudi Indonesia.

Sehingga, ideologi Pancasila sangat berperan dalam menyaring budaya asing yang akan masuk ke indonesia. Oleh karena itu, dasar-dasar Pancasila menjadi acuan dalam memfilterisasi budaya asing yang akan masuk ke Indonesia.

Jika tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka budaya tersebut tidak dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, budaya asing bisa saja merusak moral serta kehidupan pada pemuda dan pemudi bangsa.

Pentingnya Menyaring Budaya Asing Kedudukan Pancasila Berfungsi Sebagai Filterisasi

Memang, tidak semua budaya asing dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Sebab, budaya asing dapat membawa perubahan moral dan perilaku, khususnya bagi para pemuda dan pemudi bangsa Indonesia.

Namun, budaya asing juga dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat jika tidak menyalahi norma-normal masyarakat Indonesia. Serta tidak menghilangkan identitas sebagai masyarakat Indonesia. Untuk itu, pentingnya menyaring budaya asing kedudukan pancasila berfungsi sebagai salah satu sikap nasionalisme yang perlu ditanamkan.

Jadi, peran Pancasila sebagai dasar Negara ini sangat vital. Sebab, Pancasila menjadi tolok ukur dalam memfilterisasi budaya asing yang akan masuk ke Indonesia. Jika tidak sesuai dengan dasar Negara, maka budaya tersebut tidak dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, budaya asing yang merusak pergaulan pemuda dan pemudi Indonesia ini akan membawa pengaruh buruk. Maka dari itu, ideologi Pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terpengaruh dengan budaya asing.

Selain itu, pentingnya menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai lahirnya sikap nasionalisme. Sikap nasionalisme ini ditunjukkan dengan tetap berpegang teguh pada budaya asli Indonesia.

Sikap nasionalisme dalam Pancasila ini berguna untuk menyaring budaya asing yang akan masuk ke Indonesia. Dengan sikap nasionalisme ini, maka budaya asing dapat difilter dengan sangat baik.

Dan budaya asing tidak dapat merusak moral para pemuda serta pemudi bangsa indonesia. Maka dari itu, terapkan nilai-nilai dalam berbangsa dan bernegara dengan mengamalkan Pancasila.

Sebagai dasar Negara, Pancasila terbukti ampuh untuk mengatur kehidupan sehari-hari. Pancasila juga berfungsi untuk menyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia. Untuk itu, menyaring budaya asing kedudukan pancasila berfungsi sebagai filterisasi utama.


Posting Komentar untuk " Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai?"