Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan?

 

Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan?

Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan?

a. Aqidah

b. Keturunan

c. Bangsa

d. Nasab

e. Majelis


Kunci Jawaban: 

A. Aqidah


Pembahasan:

Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan?

Dasar Persaudaraan Antara Orang Beriman adalah Sebagai Berikut

Dasar persaudaraan antara orang beriman yang muslim adalah persamaan aqidah. Ini memang prinsip yang dipegang dengan kokoh. Biasanya persaudaraan ini bahkan lebih kuat dari hubungan darah.

Kondisi ini terlihat jelas pada jaman Rasulullah SAW. Para sahabatnya sangat memegang erat tali persaudaraan. Tentu persaudaraan tersebut berlandasan aqidah.

Dasar persaudaraan antara orang beriman ini membuat para sahabat memprioritaskan muslim lain dibanding dirinya sendiri. kondisi inilah yang sekarang sangat sulit diulang.

Dasar Persaudaraan Antara Orang Beriman Adalah Persamaan Aqidah

Ketika berbicara tentang aqidah, beberapa orang memang kebingungan. Perlu diketahui, persamaan aqidah sendiri memiliki beberapa ciri.

Sebagai muslim, anda tentu perlu tahu dasar persaudaraan antara orang beriman ini. Jika sudah mengetahui cirinya, tumbuhkanlah hal tersebut bersama muslim yang lain.

1. Pemikiran

Ciri pertama dari persamaan aqidah berhubungan dengan persamaan pemikiran. Intinya pemikiran dari orang-orang ini sudah bukan memprioritaskan dunia. Dunia hanya dianggap sebagai penunjang untuk meraih kebahagiaan akhirat.

Tentu pernyataan ini bukan bermaksud untuk melupakan dunia. Dengan memiliki pemahaman ini, dunia akan tetap dikejar tetapi pertikaian antara sesama manusia bisa dihindari.

2. Perjuangan

Berbicara tentang persamaan aqidah tentu tidak lepas dari perjuangan sebagai muslim. Muslim perlu memperjuangkan agamanya hingga nafas terakhir. Bahkan agama perlu ditempatkan di atas yang lain.

3. Sumber

Setiap orang membutuhkan sumber petunjuk dalam menjalani hidup. Bagi orang-orang dengan persamaan aqidah, sudah disetujui kalau sumber yang dipilih adalah Al quran. Memilih al quran sendiri tidak akan mengecewakan karena itu bukan perkataan manusia.

4. Role Model

Muslim yang beraqidah pasti memiliki role model. Role modelnya sendiri merupakan manusia yang sangat mulia yaitu Rasulullah Muhammad SAW. Role model ini sendiri menjadi pusat petunjuk bagaimana penerapan quran dalam kehidupan sehari-hari.

5. Target

Orang yang beraqidah juga pasti memiliki target. Targetnya adalah meraih sukses di dunia dan akhirat. Persamaan target ini membuat muslim saling bahu membahu untuk mencapai tujuan bersama. Itu karena sukses di sini hanya akan dicapai dengan persatuan.

Pastikan untuk tidak asal dalam penerapan aqidah. Terapkan setiap hal secara total dan teliti. Anda pasti meraih banyak keuntungan ketika memaknai dasar persaudaraan antara orang beriman ini.


Posting Komentar untuk "Dasar persaudaraan antara orang beriman adalah adanya persamaan?"