Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah?

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah?

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah?

a. gaya tekan dan massa benda

b. gaya tekan dan gaya gravitasi

c. luas bidang tekan dan gaya tekan

d. luas bidang tekan dan gaya gravitasi

e. gaya berbanding lurus dengan tekanan


Kunci Jawaban: 

C. luas bidang tekan dan gaya tekan

Pembahasan:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada umumnya terdapat 2, yaitu luas bidang beserta gaya tekan. Apabila jenis zat berbeda, maka rumus perhitungannya tidak sama, begitu juga dengan faktor yang mempengaruhinya. 

Pada zat cair disebut dengan hidrostatik, sedangkan pada ruang tertutup nanti perhitungannya menerapkan hukum Boyle. Berbeda dengan tekanan gas karena sangat dipengaruhi oleh ketinggian. 

Berikut ini akan diulas secara detail kedua faktor tersebut. Dengan demikian, Anda akan semakin mudah memahami setelah mengetahui pengertian beserta contohnya.

Apa Saja Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan dalam Ilmu Fisika?

Tekanan merupakan gaya yang tegak lurus dengan luas suatu benda dan dinyatakan dalam N/m2. Gaya tekan berpengaruh terhadap tekanan karena termasuk besaran vektor dan mempunyai arah serta nilai. 

Pada umumnya gaya tersebut tegak lurus dengan bidang tekan. Apabila gayanya besar maka hasil tekanannya juga semakin besar. Contohnya dapat diamati ketika menancapkan sebuah paku pada dinding. 

Apabila paku ditancapkan hanya dengan tangan maka tidak akan berhasil karena gaya tekan tangan kecil. Lain halnya jika Anda menggunakan paku maka lebih mudah tertancap karena gaya tekannya lebih besar. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan kedua adalah luas bidang. Berdasarkan rumus di atas, maka dapat diketahui tekanannya berbanding terbalik dengan luas dari bidang tekan. 

Oleh karena itu, saat luas suatu bidang tekan besar maka akan memperkecil tekanannya. Meskipun gaya tekan untuk sebuah benda sama tetapi bisa menghasilkan efek berbeda secara signifikan. 

Hal ini karena dipengaruhi oleh bidang tekannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan biasanya akan menciptakan hasil yang beragam meskipun Anda memberi gaya tekan sama.

Jika luas dari bidang tekan kecil maka tekanannya semakin besar, begitu juga dengan sebaliknya. Salah satu contohnya bisa dipraktekkan saat Anda menggunakan jarum suntik. 

Luas permukaan dari tangan lebih besar dibandingkan jarum suntik. Ketika diberi gaya tekan sama, maka tekanannya akan berbeda. Dengan demikian, jarum suntik dapat menembus kulit manusia. 

Kedua faktor di atas berpengaruh besar terhadap tekanan. Kini, Anda bisa mencoba untuk mempraktekkannya sendiri untuk membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan tersebut.


Posting Komentar untuk "Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah?"