Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut?

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut?

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut?

a. Botani

b. Zoologi

c. Taksonomi

d. Kardiologi

e. Arkeologi


Kunci Jawaban:

C. Taksonomi

Pembahasan:

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup

Ilmu yang Mempelajari Klasifikasi Makhluk Hidup

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup di dunia biologi disebut sebagai taksonomi. Kata taksonomi asalnya dari bahasa Yunani taxis atau pengelompokan dan nomos artinya aturan.

Taksonomi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mengkaji tentang pengelompokan dan pemberian nama makhluk hidup berdasarkan karakternya. Takson tidak sama dengan taksonomi karena menunjukkan nama sebuah kelompok klasifikasi.

Anda perlu mengenal tingkatan dalam taksonomi untuk bisa mempelajari lebih dalam tentang pengelompokkan makhluk hidup. Perbedaan karakter bisa dijadikan dasar dalam pengelompokan tersebut.

Mengenal Tingkatan dalam Ilmu yang Mempelajari Klasifikasi Makhluk Hidup

Dalam tingkatan taksonomi paling rendah ada spesies, yaitu kelompok dari makhluk hidup yang dapat menghasilkan keturunan fertil. Spesies sendiri masih dibagi menjadi subspesies dan varietas.

Anggota takson itu mempunyai persamaan karakter cukup banyak. Aturan penamaannya terdiri atas 2 kata di mana bagian depan menunjukkan genus. Genus adalah sekelompok spesies yang mempunyai hubungan dekat.

Dalam ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup, cara menulis genus miring dan huruf pertama kapital. Contohnya padi nama ilmiahnya Oryza sativa. Oryza menunjukkan nama genus.

Setiap famili biasanya terdiri atas beberapa genus dengan ciri-ciri lebih spesifik. Famili adalah kelompok genus-genus yang mempunyai hubungan kekerabatan sangat dekat.

Ciri khas takson famili yaitu memiliki akhiran aceae. Contohnya antara lain Solanaceae, Poaceae dan Malvaceae. Berbeda pada famili hewan, umumnya diakhiri idae.

Contohnya seperti Canidae dan Felidae. Anda akan mengenal satu tingkatan di atas famili pada ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup yaitu ordo. Misalnya ayam termasuk famili Gallidae dan ordo Galliformes.

Beberapa ordo akan membentuk kelas. Pengertian kelas adalah kelompok ordo-ordo yang masih berada dalam satu phylum. Misalnya pada kelas mamalia terdiri atas 4 ordo, yaitu primata, carnivora, rodentia dan marsupialia.

Phylum merupakan tingkatan tertinggi dalam dunia dan biasa digunakan dalam hewan, untuk tumbuhan memakai istilah divisi. Di atasnya lagi ada kingdom yaitu kelompok paling besar seperti hewan, tumbuhan atau jamur.

Tingkatan taksonomi di atas akan mempermudah ketika Anda harus melakukan identifikasi makhluk hidup. Mengenal ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup membutuhkan waktu cukup lama, mengingat setiap takson anggotanya sangat banyak.


Posting Komentar untuk "Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut?"