Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam?

Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam?

Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam?

a. pidato Mr. Moh. Yamin pada sidang BPUPKI

b. pidato Mr. Soepomo pada sidang BPUPKI

c. pidato Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI

d. pidato Ir. Soekarno pada sidang PPKI

e. pidato Moh. Hatta Pada Sidang PPKI dan BPUPKI

Kunci Jawaban: 

C. pidato Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI

Pembahasan:

Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam?


Istilah Pancasila Pertama Kali Dikemukakan Oleh Ir. Soekarno

Sudah menjadi rahasia umum bahwa istilah pancasila pertama kali dikemukakan oleh Ir. Soekarno. Ini merupakan hari bersejarah yang tidak akan pernah dilupakan.

Pancasila yang sudah dikenal hari ini memiliki sejarah dan perjuangan yang panjang hingga sampai bisa dikemukakan. Oleh karena itu tanggal 1 juni 1945 menjadi salah satu hari bersejarah.

Sejarah Istilah Pancasila Pertama Kali Dikemukakan Oleh Ir. Soekarno

Pancasila dijadikan sebagai dasar Negara bukan tanpa alasan. Ada begitu banyak alasannya, terlebih karena makna yang terkandung didalamnya.

Banyaknya makna yang terkandung didalamnya ini, karena ada banyak versi dari asal muasal kata pancasila maupun pengertiannya. Semuanya memiliki makna yang mendalam.

Istilah pancasila pertama kali dikemukakan oleh Ir. Sorekarna, diambil dari bahasa sanskerta. Sedangkan istilah pancasila itu juga dikenal dari kitab dari penulis ternama Empu Prapanca yakni negarakertagama.

Dalam kitab yang ditulis Empu Prapanca itu dijelaskan bahwa sejak kerajaan majapahit istilah pancasila mulai pertama kali digunakan.

Karena memiliki arti yang mendalam, maka istilah pancasila itu biasanya akan digunakan pada upacara ibadah. Selain itu juga digunakan sebagai acara adat istiadat, atau penobatan.

Selain itu, istilah ini juga dapat dijumpai oleh kitab lain yang dikarang oleh Empu Tantular. Kitab bermaa sutasoma itu juga memiliki makna dan art tersendiri terhadap pancasila.

Pada intinya dari setiap kitab yang berisi atau berkaitan dengan pancasila itu semuanya memiliki makna yang hampir mirip yakni pedoman dalam bertingkah laku. 

Berdasarkan sejarah tersebut, maka istilah pancasila pertama kali dikemukakan oleh Ir. Soekarno itu dibuat dengan makna yang sangat mendalam.

Oleh karena itu ketika pertama kali Pancasila dikemukakan menjadi sangat berkesan. Tidak heran jika kemudian dijadikan sebagai dasar Negara.

Makna dari pancasila yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno tidak hanya sebatas sebagai pedoman bertingkah laku semata, namun di dalamnya juga memiliki makna lain dan jauh lebih luas.

Makna pancasila di dalamnya juga mengandung makna filosofis lainnya seperti akar dari tujuan hidup bagi seluruh warga Negara. Terlebih mengingat banyaknya keberagaman yang ada.

Berdasarkan uraian tadi, intinya pancasila itu sendiri dibentuk bukan hanya sebagai bualan semata. Selain itu juga terdapat makna tersembunyi didalamnya.

Sejarah yang ada juga menunjukkan bahwa istilah pancasila pertama kali dikemukakan oleh Ir. Soekarna itu dibuat berdasarkan sejarah yang sangat kental.


Posting Komentar untuk "Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam?"