Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan !

Jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan !

Jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan !

Jawaban:

Menstruasi karena tidak adanya pembuahan ovum (sel telur) oleh sperma. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya pendarahan akibat tidak adanya pembuahan. Karena tidaknya adanya pembuahan dinding rahim meluruh dan terjadi menstruasi.

Pembahasan:

Kita bahas lebih lengkap Yah, simak penjelasan lengkap dibawah ini:

Tahukah kamu, ketika seorang wanita telah di anggap dewasa dan mampu bereproduksi, setiap bulannya tubuh melalui ovarium akan melepaskan ovum yang telah matang. 

Dan karena tidak adanya proses fertilisasi, dinding rahim akan meluruh melalui vagina. Fase siklus menstruasi beragam-ragam, namun ini selalu terjadi secara periodik selama setiap bulannya (28-30hari).

Siklus menstruasi Ada 4 tahapan:

1. Tahap Menstruasi

Seperti yang telah di jelaskan diatas, fase ini ovum tidak dibuahi sperma. Akibatnya jorpus luteum menghentikan produksi hormon estrogen dan hormon progesteron.

Kemudian Ovum meluruh bersamaan dengan endometrium melalui vagina, inilah sebabnya terjadinya pendarahan saat menstruasi.

2. Tahap Pra Ovulasi (Fase folikel)

Folikel primer dan oosit primer nantinya akan tubuh menjadi matang, biasanya proses ini memakan waktu hingga 14 hari. Hal ini yang disebut folikel de graff.

ketika proses pertumbuhan, hormon estrogen akan dilepas oleh folikel dan membentuk sel penyusun dinding dalam endometrium dan uterus (rahims)

3. Tahap Ovulasi (Fase Folikular)

Tahap ini terjadi pada waktu seorang wanita pertama dalam menstruasi hingga masuk ke fase ini (fase folikular).

Di fase ini ovarium memproduksi folikel yang berisi sel telur dan menyebabkan endometrium semakin tebal.

4. Fase Luteal

Setlah fase folikular, maka akan terjadi fase luteal. Pada fase ini folikel pecah dan mengeluarkan ovum kemudian membentuk korpus luteum. Korpus luteum memicu meningkatnya hormon progesteron untuk membantu mempertebal lapisan dinding rahim.

Itulah jawaban singkat kami mengenai soal "jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan !"