Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Kapal laut dapat terapung di permukaan air, karena?

Kapal laut dapat terapung di permukaan air, karena?

Kapal laut dapat terapung di permukaan air, karena?

a. massa jenis bahan pembuat kapal lebih kecil daripada massa jenis air

b. massa jenis seluruh kapal lebih kecil daripada massa jenis air

c. massa jenis bahan pembuat kapal leih lebih besar daripada massa jenis air

d. massa jenis bahan pembuat kapal sama dengan massa jenis air

e. massa jenis bahan pembuat kapal terbuat dari pohon harta adam


Kunci Jawaban: 

B. massa jenis seluruh kapal lebih kecil daripada massa jenis air


Pembahasan:

Sebab Kapal Laut dapat Terapung di Permukaan Air

Kapal laut dapat terapung di permukaan air, karena?

Sebab kapal laut dapat terapung di permukaan air saat ini banyak orang yang tidak mengetahui. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa benda berukuran besar dan berat tidak tenggelam di laut. 

Apalagi daya tampungnya juga cukup besar hingga ratusan orang dan banyak barang. Kini, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkannya. Semua itu bisa Anda jelaskan dengan ilmu pengetahuan. 

Anda akan mengetahui penjelasannya dengan mempelajari ilmu fisika. Oleh karena itu, Anda harus menyimak informasi berikut ini hingga selesai agar mempermudah untuk memahaminya. 

Apa Sebab Kapal Laut dapat Terapung di Permukaan Air?

Para ilmuwan telah menjelaskan dasar ilmu yang menjawab pertanyaan Anda mengapa kapal laut dapat terapung di air. Hal ini karena massa jenis air jauh lebih besar dibandingkan alat transportasi tersebut. 

Meskipun ukurannya dan beratnya cukup besar, namun di sisi dalamnya terdapat rongga udara. Udara pada rongga-rongga tersebut yang membuat massa jenisnya lebih kecil. 

Dengan demikian, meskipun bahan dasar pembuatannya dari besi yang berat, namun tidak akan tenggelam. Pernyataan itu yang dapat dijadikan pedoman sebab kapal laut dapat terapung di permukaan air. 

Kini, Anda tidak akan lagi menganggap fenomena ini mustahil terjadi. Air memang bisa menenggelamkan berbagai jenis benda berat dengan mudah. Namun, ternyata massa jenisnya dapat berubah lebih besar.

Benda apa saja jika berisi udara maka akan terapung di air. Salah satu contohnya kapal laut serta ban yang berisi udara. Apabila ban tersebut tidak dipompa lalu Anda gunakan maka akan tenggelam.

Penjelasan lainnya yaitu karena volume kapal yang besar dapat memperkecil massa jenis. Bagian badannya memang sengaja dibuat berongga. Sebab kapal laut dapat terapung di permukaan air utamanya karena terdapat rongga. 

Rongga itu memiliki peran mempermudah kapal ketika memindahkan air laut bervolume cukup besar. Dengan demikian, gaya ke atas dan berat volume yang akan dipindahkan menjadi sama. 

Adanya rongga akan memperbesar gaya ke atas sehingga mampu menahan beban sangat berat. Tidak heran jika ada yang menggunakannya untuk mendistribusikan alat-alat berat. 

Informasi tersebut dapat dijadikan referensi untuk mempermudah pemahaman Anda. Oleh karena itu, Anda harus memahami konsep ilmunya untuk mengerti sebab kapal laut dapat terapung di permukaan air.

Posting Komentar untuk "Kapal laut dapat terapung di permukaan air, karena?"