Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Kerja sama negara-negara anggota ASEAN di bidang politik dan keamanan bertujuan?

Kerja sama negara-negara anggota ASEAN di bidang politik dan keamanan bertujuan?

Kerja sama negara-negara anggota ASEAN di bidang politik dan keamanan bertujuan?

a. Meningkatkan ideologi antarnegara anggoata ASEAN

b. Menggalang kekuatan militer negara-negara anggota ASEAN

c. Mengembangkan sistem pertahanan militer di kawasan ASEAN

d. Mewujudkan stabilitas kawasan negara-negara anggota ASEAN

e. Meningkatkan Penyelenggaraan di bidang SEA Games


Kunci Jawaban: 

D. Mewujudkan stabilitas kawasan negara-negara anggota ASEAN


Pembahasan:

Tujuan Kerjasama Negara-negara ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan

Tujuan Kerjasama Negara-negara ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan

Tujuan kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan secara umum yaitu mewujudkan perdamaian pada wilayah regional maupun global. Bentuk kerjasama ini bersifat terbuka.

Selain itu, berdasarkan atas pendekatan keamanan yang komprehensif. Namun, tidak untuk membentuk pakta pertahanan, aliansi militer atau kebijakan luar negeri yang disusun bersama. 

Salah satu contohnya yaitu dengan menempatkan duta besar di setiap ibukota negara. Selain itu, melakukan kunjungan diplomatik dan tidak ikut mencampuri urusan dalam negeri negara lain.

Berbagai Tujuan Kerjasama Negara-negara ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan yang Harus Diketahui

Kerjasama yang dilakukan antar negara bertujuan untuk menciptakan perdamaian secara global. Hal ini diwujudkan dengan adanya deklarasi perdamaian bernama ZOPFAN, TAC dan pembentukan komisi HAM pada wilayah ASEAN. 

ZOPFAN meliputi semua kawasan Asia Tenggara sampai ke Asia Pasifik. Tujuan dibentuknya adalah membantu menangani berbagai masalah keamanan pada kawasan tersebut. 

Tujuan kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan selanjutnya untuk menyelesaikan berbagai masalah. Di samping itu, bisa terbentuk stabilitas keamanan dan politik serta melindungi HAM. 

Selain itu, untuk melakukan patroli bersama di daerah perbatasan masing-masing negara anggota. Tujuannya agar menjaga keamanan wilayah perbatasan. Misalnya kerja sama Indonesia dan Malaysia dalam patroli melalui laut, darat maupun udara. 

Dengan demikian, akan mengetahui jika ada kapal-kapal yang dicurigai melakukan pelanggaran. Contohnya pelanggaran batas wilayah, perompakan di laut serta penyelundupan. 

Tujuan kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan untuk menyelesaikan tindak kejahatan seperti teroris. Aktivitas seperti ini sudah berlaku sejak lama menggunakan SOMTC dan AMMTC. 

Dalam hal ini, Indonesia mendapat kepercayaan sebagai lead shepherd sekaligus ketua WG-CT. Dalam melakukan pemberantasan teroris, ASEAN juga bekerja sama dengan negara Mitra Wicara.

Selain itu, mencegah adanya konflik yang berhubungan dengan maritim. Hal ini dikarenakan pada kawasan Asia Tenggara berpotensi munculnya konflik tersebut. Contohnya dengan membentuk ASEAN Maritime Forum, ARF serta ADMM. 

Memahami tujuan dari kerjasama dari seluruh anggota ASEAN sangat penting. Hal ini untuk mewujudkan salah satu tujuan kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan yaitu tercipta perdamaian


Posting Komentar untuk "Kerja sama negara-negara anggota ASEAN di bidang politik dan keamanan bertujuan?"