Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Pada dasarnya hak asasi manusia harus??

Pada dasarnya hak asasi manusia harus??

Pada dasarnya hak asasi manusia harus??

a. dilalaikan

b. dilupakan

c. dihindari

d. dihormati

e. diabaikan


Kunci Jawaban: 

D. dihormati


Pembahasan:

Intip Berbagai Dasar Hak Asasi Manusia di Indonesia

Pada dasarnya hak asasi manusia harus??

Dasar hak asasi manusia atau disingkat HAM memiliki prinsip norma dan moral yang memperlihatkan perilaku seseorang. Hal ini telah Anda miliki sejak lahir dan tidak boleh diambil oleh siapa saja. 

HAM memiliki hak fundamental sehingga tidak dapat dicabut jika Anda masih hidup. Hal inilah yang menjadi alasan pemerintah membuat dasar hukumnya yang tertuang di UUD 1945. 

Oleh karena itu, Anda harus mengenal apa saja yang menjadi dasar dari HAM di Indonesia. Dengan demikian, Anda bisa memahami hak dasar dan pokok dalam sebuah kehidupan. 

Mengenal Dasar Hak Asasi Manusia di Negara Indonesia

Anda diwajibkan untuk mengenal berbagai dasar dari HAM di negara Indonesia untuk memahaminya. Simak penjelasan lebih lengkapnya pada pembahasan di berikut.

1. Pancasila

Makna yang terkandung dalam pancasila dapat dijadikan sebagai dasar pelindung hukum hak asasi. Alasannya yaitu semua manusia mempunyai derajat sama. 

Selain itu, mengembangkan sikap untuk saling mencintai dan menghormati satu sama lain. Lalu, untuk mengembangkan keberanian dalam membela keadilan. 

2. Pembukaan UUD 1945

Dasar hak asasi manusia selanjutnya terdapat di pembukaan UUD 1945. Di sana memuat penjelasan bahwa setiap bangsa berhak memiliki kemerdekaan. 

Penjajahan harus dihapus karena bertentangan dengan peri keadilan dan kemanusiaan. Hal ini dikarenakan semua rakyat ingin terbebas dari penindasan. 

3. UU Nomor 39 Tahun 1999

Isi di dalamnya adalah setiap hak asasi memunculkan tanggung jawab dan kewajiban untuk saling menghormari HAM. Pada prakteknya, Anda harus tunduk terhadap pembatasan yang berlaku sesuai undang-undang. 

4. UU Nomor 26 Tahun 2000

Dasar hak asasi manusia tersebut bisa menjamin terlaksananya HAM. Selain itu, memberi perlindungan, keadilan serta perasaan aman bagi masyarakat. Oleh karena itu, perlu dibentuk pengadilan HAM. 

5. Hukum Internasional yang sudah Diratifikasi Indonesia

UU Nomor 5 tahun 1998 telah mengesahkan konvensi yang menentang praktek penyiksaan atau hukuman yang kejam dan tidak manusiawi. Lalu, pada UU Nomor 8 tahun 1984 sudah menghapus diskriminasi wanita.

HAM sangat penting untuk ditegakkan demi menjamin hak-hak dari setiap manusia. Oleh karena itu, Anda wajib memahami semua dasar hak asasi manusia seperti dalam penjelasan di atas. 


Posting Komentar untuk "Pada dasarnya hak asasi manusia harus??"