Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Pemakaman mayat di dalam gua – gua batu terdapat di daerah?

Pemakaman mayat di dalam gua – gua batu terdapat di daerah

Pemakaman mayat di dalam gua – gua batu terdapat di daerah?

a. Bali

b. Toraja

c. Tengger

d. Gayp

e. Pontianak

Kunci Jawaban: 

B. Toraja


Pembahasan:

Pemakaman mayat di dalam gua – gua batu terdapat di daerah

Daerah Pemakaman Mayat di dalam Gua Gua Batu

Daerah pemakaman mayat di dalam gua gua batu sebelumnya viral. Ini terjadi karena pemakaman dengan dimasukkan ke dalam gua batu sendiri terdengar unik.

Normalnya pemakaman akan dilakukan dengan mengubur manusia ke tanah. Penguburannya sendiri dilakukan sesuai agama dari orang yang meninggal. Teknis penguburan orang Islam dan kristen tentu berbeda.

Kalaupun tidak dimasukkan ke dalam tanah, teknis yang lebih populer adalah pemakaman dengan cara dikremasi. Oleh sebab itu, daerah pemakaman mayat di dalam gua gua batu terdengar unik.

Daerah Pemakaman Mayat di Dalam Gua Gua Batu Terletak di Toraja

Perlu diketahui, daerah yang dimaksud adalah toraja. Disana terdapat budaya dimana orang yang sudah meninggal akan dimasukkan ke dalam gua gua batu.

Perlu diketahui, toraja sendiri bukan sekadar daerah pemakaman mayat di dalam gua gua batu. Tempat ini memiliki banyak keunikan. Untuk pembahasan lebih lanjut, berikut beberapa keunikan tersebut.

1. Kopi

Keunikan pertama dari toraja terletak pada kopinya. Perlu diketahui, toraja sendiri terletak di daerah pegunungan. Lokasi di daerah pegunungan tersebut membuat mayoritas penduduknya menjalani profesi sebagai petani kopi.

Keunggulan utama dari kopi toraja terletak pada cita rasanya yang unik. Perlu diketahui, peminat kopi toraja sendiri bukan hanya masyarakat dalam negeri. Ekspor ke luar negeri juga sering dilakukan.

2. Kampung Lolai

Keunikan toraja selanjutnya terletak pada keberadaan sebuah kampung bernama lolai. Banyak orang menyebut kalau kampung lolai merupakan negeri di atas awan. Penyebutan tersebut diberikan karena letaknya berada pada 1300 meter di atas permukaan laut.

3. Rambu Solo

Rambu solo adalah tradisi sebelum pemakaman khas toraja dilakukan. Nantinya ada kurban hewan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Ini memakan biaya yang sangat besar.

4. Kerbau

Masih berhubungan dengan rambu solo, biasanya ada juga kerbau yang perlu dikurbankan. Perlu diketahui, harga kerbau di sana sangat fantastis. Harganya bahkan bisa mencapai 1 miliar rupiah.

5. Tongkonan

Keunikan toraja terakhir terletak pada tongkonan. Tongkonan ini merupakan nama rumah adat toraja. Biasanya rumah adat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan sementara bagi jenazah.

Indonesia sendiri memang negara yang sangat kaya. Ada banyak budaya lain yang pasti belum Anda ketahui. Sebelumnya, Anda juga mungkin belum mengetahui kalau daerah pemakaman mayat di dalam gua gua batu adalah toraja.


Posting Komentar untuk "Pemakaman mayat di dalam gua – gua batu terdapat di daerah?"