Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas bangsa?

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas bangsa?

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas bangsa?

a. Tionghoa

b. Melayu

c. Eropa

d. India

e. budha


Kunci Jawaban: 

A. Tionghoa


Pembahasan:

Penduduk Asia Tenggara Sebagian Besar Terdiri Atas

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas bangsa?

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas beragam ras serta suku bangsa. Penduduk yang jumlahnya paling besar ada di Indonesia. Mayoritas dari penduduknya bekerja sebagai petani.

Banyak penduduk yang hidup di wilayah pedesaan. Namun, tidak untuk negara Singapura yang mayoritas hidup di daerah perkotaan. Alasannya yaitu karena Singapura negara kota yang penduduknya sangat padat. 

Penduduk Singapura bekerja pada bidang perdagangan maupun industri. Kedua sektor tersebut memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kondisi perekonomian pada negara Singapura. 

Penduduk Asia Tenggara Sebagian Besar Terdiri Atas

Kroeber menyatakan bahwa suku yang terdapat pada wilayah Asia Tenggara ada 2 ras besar, yaitu mongoloid dan negroid. Ras mongoloid sebagian besar menghuni di Filipina, Kepulauan Indonesia serta Malaysia. 

Ras mongoloid sendiri di Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu proto Melayu dan deutro Melayu. Sedangkan, proto Melayu terbagi menjadi 3 yaitu Toraja, Dayak dan Batak. 

Sedangkan, untuk deutro Melayu terdiri atas Jawa, Bali dan Minangkabau. Lalu, ras negroid Anda bisa menemukannya pada Filipina dan semenanjung Melayu. 

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas suku bangsa yang berpenghuni di berbagai kawasan tersebut. Masing-masing masih memiliki ikatan yang sangat kuat walaupun dipisahkan oleh batas negara.

Contoh suku bangsa yang memiliki jumlah cukup besar dan menempati kawasan Asia Tenggara antara lain Lao Yao yang menempati negara Laos serta Thai untuk Thailand. 

Myanmar memiliki suku Shan yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan Thai. Kemudian, di negara Malaysia dapat Anda jumpai suku bangsa Sakai dan Semang.

Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas berbagai suku misalnya di Indonesia ada Sunda, Jawa, Batak, Bali serta Dayak. Sedangkan, di Kamboja ada suku Khmer. 

Jika Anda pergi ke Vietnam akan menemukan 4 suku paling besar, yaitu Tho, Vietnam, Man dan Moung. Selanjutnya, untuk negara Singapura didominasi keturunan dari Tionghoa dan untuk Brunei Darussalam adalah Melayu. 

Beragam suku bangsa terdapat pada setiap negara di kawasan ASEAN. Namun, secara umum penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas ras negroid dan mongoloid.


Posting Komentar untuk "Penduduk Asia Tenggara sebagian besar terdiri atas bangsa?"