Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur?

Penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur?

Penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur?

a. peperangan

b. perdagangan

c. perdamaian

d. pertanian

e. perburuhan

Kunci Jawaban: 

B. perdagangan

Pembahasan:

Penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur?

Teori Tentang Jalur Penyebaran Islam di Indonesia

Jalur penyebaran islam di Indonesia banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor masa lalu yang menjadi bagian sejarah dari bangsa Indonesia. Tentu semuanya tahu bahwa ada banyak sekali sejarah yang menyatat tentang faktor-faktor yang mendasari penyebaran agama islam di Indonesia, hingga agama islam menjadi agama yang paling banyak di anut oleh warga Indonesia hingga saat ini. 

Sejatinya ada banyak teori yang beberapa masih simpang siur tentang proses masuknya agama islam di Indonesia. Oleh karena itu telah kami siapkan beberapa teori yang paling mungkin dan benar dari proses penyebaran agama islam melalui beberapa jalur yang dilakukan pada masa lampau. Berikut ini selengkapnya. 

Teori Masuknya Jalur Penyebaran Islam di Indonesia

Ada beberapa jalur penyebaran islam di Indonesia yang harus Anda ketahui. Selain ada dasar teori yang menjelaskan tentang cara-cara yang di lakukan hingga islam masuk ke Indonesia, adapula jalur-jalur yang menjadi sebuah argumen kuat tentang penyebaran agama islam di Indonesia. Berikut ini beberapa jalur penyebaran agama islam di Indonesia. 

1. Jalur Perdagangan

Teori pertama menjelaskan bahwa islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan yang di bawa oleh para pedagang dari Gujarat yang berasal dari India. Selain Gujarat, para pedagang juga berasal dari Arab dan Persia yang mulai melakukan proses islamisasi pada sekitar abad ke 7 masehi. 

2.  Jalur Perkawinan

Jalur perkawinan merupakan kelanjutan proses islamisasi yang dilakukan oleh para pedagang. Pedagang yang menetap di pesisir mulai menikahi wanita pribumi Indonesia dengan syarat harus masuk islam terlebih dahulu dengan mengucapkan kalimat syahadat sebagai tanda masuk islam. 

3. Jalur Pendidikan

Jalur penyebaran islam yang selanjutnya ialah dengan jalur pendidikan. Dimana para kiyai menyebarkan agama islam melalui pesantren-pesantren yang mulai ada di Indonesia pada masa itu. Selanjutnya mulai banyak orang yang masuk ke agama islam melalui pesantren tersebut yang di ajarkan langsung oleh para kiyai. 

4. Jalur Kesenian

Jalur kesenian merupakan sebuah teori jalur penyebaran agama islam di Indonesia  yang dilakukan oleh sunan kali jaga yang menggunakan metode wayang sebagai media untuk menyebarkan agama islam. Sunan kali jaga banyak melakukan pertunjukan wayang dari tempat ke tempat yang pada akhirnya membuat banyak orang masuk ke agama islam. 

Dengan adanya teori jalur penyebaran islam yang terjadi pada masa lampau, Anda bisa mengetahui sejarah perkembangan dan penyebaran agama islam dengan memahami teori-teori yang ada dan berkembang dalam pendidikan di Indonesia. Tentu sangat menarik untuk selalu membahas jalur penyebaran agama islam di Indonesia. 

Jadi Jawaban Materipintar.com mengenai Penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur adalah perdagangan.

Posting Komentar untuk "Penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur?"